Pages

Thursday 28 January 2016

Tawan: Ini Bukan Lengan Robot, Hanya Alat Bantu Kerja

Dari bahasanya Tawan ini mulai kelihatan seperti ada desakan kepadanya agar menyudahi aksi bohongnya.

KarangasemCNN Indonesia -- Tawan yang mempunyai nama lengkap I Wayan Sumardana ternyata mulai jengah dengan sebutan tangan atau lengan robot yang sering disebut oleh media beberapa hari belakangan. Dia kurang setuju dengan sebutan itu.

"Ini lengan robot apanya. Saya mau ralat itu. Ini tidak secanggih itu. Dibuatnya simpel. Alatnya sederhana, dari barang rongsokan juga. Dan saya buat ini bukan untuk terkenal, buat alat bantu kerja saja. Buat makan, buat cari nafkah," katanya saat ditemui tim CNNIndonesia.com, di bengkel lasnya, di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Sambil menyesap rokoknya dalam-dalam, dia bilang, lengan mesin sangat membantunya ketika bekerja untuk menopang tangan kirinya yang mendadak lumpuh tak bisa digerakkan. Dirinya pun tak merasa ingin terkenal, apalagi sampai 'menantang' orang-orang pintar yang pintar di bidang robotik.


Ide lengan mesinnya ini memang tercetuskan tepat dua minggu setelah dirinya tak bisa mengerakkan tangan kirinya tak bisa digerakkan. Dan hanya butuh 2 bulan sampai akhirnya alat bantu kerjanya ini bisa benar-benar digunakan untuk pertama kalinya.

"Saya pakai itu untuk bekerja di bengkel atau pas ada panggilan di luar. Mungkin pas sedang bekerja atau ketika saya sedang bawa motor ada orang melihat merasa aneh sampai terdengar wartawan," katanya.

Dia pun mengaku langsung menghindar begitu tahu ada medianya yang mencoba menanyai mengenai asal mulai alat bantu kerjanya tersebut. Tapi terkadang dia sedih sekaligus minder mengenai kondisinya, yang membuatnya tak mau berbicara ke media.

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160125143347-199-106505/tawan-ini-bukan-lengan-robot-hanya-alat-bantu-kerja/

No comments:

Post a Comment