Pages

Thursday 28 January 2016

KABARNYA, RINI SOEMARNO JUAL SAHAM BUMN SYARIAH KE ASING



RMOL. Rini Soemarno kebali berulah. Menteri BUMN itu kabarnya menjual saham BUMN Syariah ke asing, yakni investor Timur Tengah.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ke depan, BSM (Bank Syariah Mandiri) akan mendapatkan tambahan modal dari mitra strategis dari Timur Tengah. 

"Calonnya itu dari negara kawasan Arab," kata dia dalam keterangan di Jakarta, Rabu (27/1).

Sebelumnya, yang sudah dijual sahamnya ke asing adalah BNI Syariah, yakni sebesar 20 persen.

Menurutnya, mitra strategis tersebut sudah disetujui oleh Kementerian BUMN. Kordinasi sepenuhnya juga diatur oleh kementerian itu untuk memastikan Bank Syariah BUMN mana yang lebih dulu mendapatkan tambahan modal dari mitra strategis itu. 

"Koordinasi itu juga dilakukan untuk menghindari adanya aspek mengadu domba antar bank syariah BUMN,” imbuh Budi.

Namun sebelum BUMN dibagi sahamnya ke asing, tahun ini justru BSM akan disuntik modal oleh induknya, yaitu BMRI sebanyak Rp1 triliun. Langkah ini kami lakukan untuk memperkuat struktur permodalan BSM. Besarnya Rp1 triliun,” imbuh Direktur Keuangan BMRI, Kartika Wirjoatmadjo di tempat yang sama.

Sebelumnya, kata Budi, dulu pihaknya keberatan dengan tawaran dari asing itu. Namun setelah Kementerian BUMN terlibat dan sudah dikoordinasikan, semuanya susah hampir rampung. Semua koordinasinya ada di Kementerian BUMN,” ungkap dia. [sam]

http://ekbis.rmol.co/read/2016/01/28/233707/Kabarnya,-Rini-Soemarno-Jual-Saham-BUMN-Syariah-Ke-Asing-

No comments:

Post a Comment