Pages

Monday 29 February 2016

Merawat Kenari dengan Baik

Selain lovebird, kegemukan pada juga berpotensi pada burung kenari, dan hal ini merupakan permasalahan yang biasa dialami oleh kicaumania. Sebenarnya, hal ini tidak perlu terjadi untuk mengatasi permasalahan ini tidak begitu sulit. Sebenarnya permasalahan ini tidak perlu terjadi, kalau kita jeli dalam pola perawatan dan pola pakannya. Namun entah kenapa masih banyak kicaumania yang belum paham sehingga burung yang mendapatkan perawatan justru malah menjadi macet bunyi (malas bunyi) sewaktu mabung.
Penyebab kenari kegemukan, salah satunya adalah kesalahan perawatan pada saat mabung. Biasanya ini terjadi karena burung kenari terlalu banyak mendapat makanan biji-bijian, telur, serta kurangnya penjemuran, sehingga terjadi tumpukan lemak pada tubuhnya. Lemak yang tertimbun tersebut menyebabkan burung kenari jantan (khususnya) malas untuk beraktifitas atau bergerak, sehingga burung menjadi malas bunyi dan jika hal demikian dialami oleh kenari betina maka burung tidak akan mau bertelur.
Untuk mengatasi kegemukan ini, maka yang diperlukan adalah memberikan terapi sayur dan buah untuk mengurangi efek pemberian extra fooding telur yang berlebih serta menambah durasi penjemuran. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tips berikut ini.
Tips mengatasi kegemukan pada burung kenari:
  • Tempatkan kenari pada sangkar yang besar dan berbentuk persegi panjang, atau kanang umbaran, agar burung dapat bergerak bebas sehingga burung lebih aktif terbang dan ini akan membantu untuk membakar lemak lebih cepat. Dan pastikan di dalam sangkar sudah terdapat tangkringan minimal 2 buah.
  • Penempatan kandang umbaran usahakan yang lokasinya dapat langsung terkena sinar matahari. Selain membakar lemak. Menempatkan kenari dikandang umbaran dapat membuat nafas kenari menjadi panjang, sehingga daya gacornya akan semakin dasyat.
  • Hentikan pemberian pakan biji-bijian, extra fooding Egg food / telor.
  • Berikan pakan sayuran dan buah dengan jumlah yang banyak (sesuaikan dengan kondisi burung) tujuan agar burung kenari mendapatkan nutrisi dan serat yang cukup untuk membakar lemak.
  • Pemberian sayur yang berlebihan juga bisa berbahaya, sebab kenari akan mencret.
  • Untuk pakan berupa apel, kulitnya harus dibuang terlebih dahulu, karena akan memberikan dampak yang kurang baik bila dikonsumsi oleh burung kenari dalam jangka waktu tertentu.
  • Campurkan EBOD JOOS dan EBOD VIT atau EBOD SOLUTION pada air minum. Atau bisa juga dengan mencampur air minum dengan 1 sendok teh madu murni sebagai sumber tenaga yang alami.
  • Agar pencernaan burung kenari menjadi lancar, berikan E-BODRE langsung pada burung. Atau bisa juga dicampurkan pada air minumnya. Hal ini bisa mencegah permasalahan berak kapur pada burung kenari kesayangan sobat Ronggolawers.
Sobat Ronggolawers, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kesalahan Perawatan Saat Mabung. Menyebabkan Kegemukan Pada Burung Kenari. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel kami ini. Simak terus dan selalu Update mediaronggolawe.com untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam Ronggolawers, semoga sukses. Bravo Kicaumania Nusantara!
Berbagaisumber.
DennySby.05.Januari.2016.
082141731763

http://www.mediaronggolawe.com/awas-kesalahan-perawatan-kenari-saat-mabung.html

No comments:

Post a Comment