Pages

Sunday 8 January 2012

Setahap Lagi Kiat Esemka Jadi Mobnas




 
SOLO - Wali Kota Solo, Joko Widodo optimis Kiat Esemka akan segera berstatus Mobil Nasional. Esemka akan menjalani uji kelayakan di Jakarta.

"Selasa atau Rabu, Kiat Esemka akan melakukan uji kelayakan di Jakarta. Saya sendiri yang akan menyetir mobil ini ke Jakarta," jelas Jokowi (panggilan akrab) kepada Okezone, di Solo, Jumat (6/1/2012).

Menurut Jokowi,bila nantinya Kiat Esemka ini lulus dan ditetapkan menjadi Mobil Nasional, peran pemerintah sangat diperlukan. Terutama dalam menetapkan pajak penjualan kendaraan agar harga jual ke masyarakat tidak melambung tinggi.

"Yang terpenting pajaknya. Itu yang harus diperhatikan pemerintah, bila akhirnya mobil ini jadi mobil nasional. Agar harga jual ke masyarakat tidak melambung tinggi," jelasnya.

Khusus untuk lokasi perakitan, Jokowi menambahkan, tidak menjadi masalah. Nantinya, Kiat Esemka ini akan ditempatkan di Techno Park, memanfaatkan luas lahan yang ada. Meskipun pemesan Kiat Esmeka ini membludak, Kiat Esemka ini hanya diproduksi sebanyak 8-10 unit perbulan.

Sebagai tindak lanjut atas mobil Kiat Esemka tersebut, Wali Kota Solo akan segera membahas mengenai rencanan bisnis yang melibatkan pemerintah, sekolah, investor, home industry, serta perakitan.

“Senin nanti, saya akan kumpulkan untuk membahasnya. Ilmu kita sudah punya, Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah punya, semuanya ada tinggal menunggu produksi massalnya saja. Nantinya pabrik tetap di Solo Techno Park (STP) bisa berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau seperti saat ini STP yang sudah menjadi Badan Layanan Umum daerah (BLUD),” jelasnya.
(zwr)

okezone.com

No comments:

Post a Comment