Pages

Thursday 1 December 2011

Serba-Serbi Pendidikan






Oleh: Marwi Yati

Pendidikan adalah sebuah kata yang sulit diartikan dengan makna yang sesungguhnya. Pada hakikatnya pendidikan adalah sebuah alat perubahan sebuah negara yang sangat vital, tapi miris sekali di Indonesia hampir dibelakangi prioritasnya.

Kenakalan remaja terjadi di mana-mana. Apakah sebenarnya yang salah? Sistem pendidikannya, gurunya, ataukah muridnya yang salah.

Dalam hal ini mari kita identifikasi ketiga masalah yang sangat mempengaruhi kebobrokan pendidikan di Indonesia.


1. Sistem Pendidikan

Menurut pengamatan saya, sistem pendidikan di Indonesia sangat bagus, hanya penerapannya yang kurang maksimal, karena tanpa diimbangi dengan kesejahteraan pendidik atau gurunya.


2. Guru

Seorang guru juga tidak dapat disalahkan karena guru juga manusia yang butuh kehidupan layak. Akan tetapi, seharusnya guru dalam mengajar tidak berorientasi terhadap uang yang didapat, tetapi hasil dari didikannya apakah dapat dipertanggungjawabkan. Rasa ikhlas dan ketulusan sangat mempengaruhi anak didik.


3. Murid

Murid adalah obyek dalam dunia pendidikan dan yang selalu disorot. Pengaruh teknologi sangat mempengaruhi perilaku murid. Sebaiknya guru atau pendidik dapat menngarahkan dalam menyikapi teknologi; baik buruknya teknologi dijelaskan secara gamblang. Seorang murid pun harus dapat memilah informasi yang didapat baik dari guru, apalagi dari luar yang informasi itu dapat berbentuk apa pun.

Mari kita bersama memajukan bangsa Indonesia melalui pendidikan, untuk menjadi negara yang berkualitas. Tidak hanya secara sumber daya alam, tetapi sumber daya manusianya juga perlu ditingkatkan.

---------
*) Tulisan ini terpilih dari rubrik “forum” dan penulis berhak mendapatkan sebuah buku pendidikan. Silakan penulis memilih sebuah buku yang dikehendakinya di rubrik “buku”. Info selengkapnya silakan baca di rubrik “berita” dalam situs ini.  


komunitaspendidikan.com

No comments:

Post a Comment