Pages

Sunday 13 March 2011

Pitung sang Pahlawan


Pitung lahir di Samping Stasiun Kereta Api Palmerah, Rawa Belong tahun 1874, bapaknye dulu dagang sayur trus alih profesi jadi pedagang kambing, ibunye kerja dirumah aja, nama kelahiran Pitung adalah Salihun. Umur 14 taon si Salihun disuruh bapaknye pegi ke Tenabang untuk dagangin lima kambing. Saat itu memang Tenabang terkenal sebagai pasar kambing terbesar di Batavia. Sampe di perempatan Pejompongan, tuh kambing diembat sama begal dari kampung Kebayoran. Pitung dipukulin kemudian nangis keras-keras. Ia akhirnya ngeloyor ke kebon kosong. Kalo pulang dia bakalan sedih karena tau itu harta satu-satunya bapaknya trus dia kagak tega ngeliat ibunya. Akhirnya sampe maghrib dia malah tidur di sebuah masjid kecil di deket kampung pejompongan (sekarang di belakang kantor pajak). Waktu jelang Isya pemilik masjid kaget ada anak kecil ngelamun sendirian. Haji Naipin pemilik masjid itu ngampirin Pitung dan nanya "Anak sape lu, malem-malem gini masi di mari?" kata Haji Naipin. Salihun ngedangakin kepalanye dan ngeliat Haji Naipin. "Kambing aye ilang Pak Aji, diembat sama anak sono" jawab Pitung sambil nunjukin satu tempat. "Udah lu ikut gue ke rumah, lu makan dulu. Besok pagi lu gue anterin ke tempat orang tua lu, ye" Kata Haji Naipin dengan mata teduh.

Paginye Salihun diajak ke kampung Rawabelong disono Haji Naipin mau nalangin kambing nyang ilang, terus si Salihun dia minta buat dia didik "Nih, anak gue didik aje biar die jadi orang nyang 'denger kate', entar lu kagak usah kuatir nih anak gue mau didik agame, biar kagak mabok kayak belande gile"... Kata Haji Naipin. Bang Piun oke-oke aje, emaknye Salihun Mpok Pinah nangis sambil sesenggukan dia bilang "Salihun belon disunat, Pak Haji" Haji Naipin ketawe langsung aje dia bilang "udah tenang soal sunat aye nyang jabanin"....

Selama 10 taon Salihun dididik ikut Pak Haji Naipin dia juga diserain tugas untuk jualin kambing Haji Naipin di Pasar Tenabang. Satu saat di Tenabang si Pitung ketemuan sama orang nyang dulu ngembat kambingnye ternyate die udah jadi centeng Belande Kebon Sirih. Kontan aje si Pitung loncat dan hajar tuh centeng, nggak taunya temennye centeng banyak, ada kali 18 orang, ngejar-ngejar si Salihun.Si Salihun ngabur ke arah kampung Bali, disono dia ketemuan sama jagoan kampung Bali namanye : Abdulrachman. Disono anak kampung Bali nyembunyiin Salihun centeng2 Kebon Sirih kagak bisa nemuin Pitung. Bersama temennya Abdulrachman akhirnye si Salihun membentuk geng nyang kemudian terkenal bernama Geng Pituan Pitulung (Kelompok Tujuh) karena Salihun mengenalkan Dji'ih lalu Abdulrachman mengenalkan : Moedjeran, Merais dan Gering, cuman nyang satunye kemungkinan bernama : Somad (nyang disebut-sebut kelak akan berkhianat pada Pitung) dari nama Pituan Pitulung inilah Salihun berganti nama jadi Pitung (singkatan Pituan Pitulung).

Bertujuh orang ini kemudian mencari ilmu silat, jago-jago pukul betawi mereka sambangin. Sampe suatu saat di kampung deket Ulujami mereka nemuin seorang alim ulama nyang berasal dari Kampung Jagakarsa bernama Mohammad Kahfi untuk ngajarin Ilmu Ajian Rawa Rontek. Inilah ajian ilmu pitung yang terkenal.

Pitung ngeliat kalo sistem Belande kagak adil, mereka ngebeking tuan-tuan tanah untuk gebukin rakyat yang jadi buruh tani - (gile untung Pitung belon belajar sosialisme)- Nurani Pitung terketuk akhirnye dia bareng geng-nya nyuri rumah juragan kapal dari Bugis bernama Haji Saipudin, pencurian ini berlangsung berkali-kali lalu setelah Haji Sapiudin bingung si Pitung puter otak. Si Pitung belagak jadi Demang Meester Cornelis, dan dia nyuri baju demang lalu dia pake. Si Dji'ih nyang belagak jadi opas, trus si Pitung perintahin duit Haji Saipudin atas nama pemerentah Kolonial harus diserahkan ke Demang Corneelis untuk diawasin dalam pencurian setelah duit ditangan Pitung langsung lari.

Laporan yang terus menerus tentang perampokan dan pencurian membuat Pemerentah Kolonial dalam hal ini Gemeente Batavia merasa geram. laporan tentang Pitung ini sampai ke meja Kepala Reserse Batavia, A.W.V Hinne atau Heyna, Kepala Reserse ini sebelumnya adalah kepala Polisi yang keras dan terkenal, orang2 Betawi dulu bilang dia Meneer Sekotena asal kata dari Skout Heyna. Kepala Polisi ini orangnya cepat naik darah tapi pinter, dia bentuk satu tim khusus untuk mencari Pitung. Kasus Pitung ini bersamaan dengan macam-macam pemberontakan petani di Condet, Tangerang dan terakhir kabar ada semacam bentrok antara polisi dengan Bupati Madiun. Heyna tidak mau Batavia kena imbas kasus Madiun. Tapi sebelum tim khusus intel reserse bekerja, ada laporan bahwa kepala kampung Kebayoran bisa nangkep tuh Pitung. Pitung lalu dibawa ke sel dan dipenjara selama satu tahun, di dalam sel pitung konspirasi dengan penjaga penjara dan mendapatkan belincong (semacem linggis) buat nyongkel pintu penjara.



Kaburnya Pitung membuat Heyne naik pitam dia minta selidikin kenapa pitung kabur, selidik punya selidik awalnya Asisten Residen kena getah kecurigaan heyne, ternyata terbukti bahwa konspirasi itu hanya melibatkan kepala penjara. Langsung kepala penjara dilabrak Heyne dan dibui. Heyne kemudian mengaktifkan kembali tim khusus Intel. Laporan demi laporan terus berlanjut tentang pencuria di seputaran Batavia, Tuan Tanah-Tuan Tanah Tangerang bahkan sudah merasa terancam dengan berita-berita di Batavia mereka membicarakan terus ulah si Pitung. Akhirnya ada laporan yang berhasil dihimpun Pitung dan Dji'ih ada di sekitar Pasar Minggu kadang-kadang keliatan di Kalibata (disitu ada kebon karet milik Tomas Bata yang kelak membangun Pabrik Bata tahun 1939). Lalu Heyna menugaskan Djeram Latip jagoan intel-nya untuk ngintipin kegiatan Pitung disana Pitung terlihat sedang mandi di pinggir kali Ciliwung dibantaran Kampung Djawa. Lalu Pitung terlihat oleh seorang wanita yang mengenalnya di kapal sungai yang bernama Prasman. Dari sana kemudian ada laporan Pitung beroperasi ke Kampung Caringin lalu pindah lagi ke Marunda di Marunda Pitung menemui beberapa kelompok perlawanan. Indikasi Pitung akan melakukan pemberontakan massal sudah terlihat apalagi sudah rame gerakan-gerakan politik untuk menentang pemerintahan Hindia Belanda. Oleh Heyna Pitung dimasukkan ke dalam kategori buronan politik, bukan lagi rampok.

Pada bulan Rajab taon 1914 Masehi, si Dji'ih keliatan lagi ngaso di sebuah kampung bernama Kemang. Di Kampung Kemang itu Dji'ih dijebak tapi kemudian dia berhasil melarikan diri. Baru di kampung Tegal Parang si Pitung kejebak bareng Dji'ih, disana terjadi tembak tembakan. Si Pitung emang udah jago pegang Revolver jenis Circa buatan taon 1912. Disana Djeram Latip ketembak dan mati di tempat, Si Pitung dan Dji'ih ngabur ke arah kampung Bukit Duri, di Bukit Duri dia ketemu dengan Djoeragan Surya Utama alias Bang Uya, orang Cirebon nyang jadi Mandor di Kampung Bukit Duri. Oleh Uya, si Pitung disarankan ke Pancoran aje disana ada kelompok Haji Saripin dan Si Pitung dan Dji'ih ke Pancoran, di kampung Pancoran Dji'ih sakit panas dan dibawa pulang ke Rawa Belong. Di Meja Heyne masuk laporan kalo Dji'ih ada di kampung Rawabelong kontan aje si Heyne nyerbu sendiri ke Rawabelong, operasi penangkapan Dji'ih dia pimpin sendiri. Disana Dji'ih kagak bisa ngelawan, akhirnye Dji'ih ditangkep dan dibuang ke Singapura.

Denger sohibnye dibuang, Pitung akhirnye nyusun gerakan untuk membunuh meneer Heyne tapi dia kekurangan orang. Sementara Heyne sudah mendapatkan portofolio strategi ngalahin ilmu-ilmunye Pitung. Ternyate ajian nyang paling bahaye adalah ajian Rawa Rontek. Nawarin ajian Rawa Rontek sederhane aje. Cukup lemparin telor ayam lima biji saat Pitung ngedepruk tanah dan bacain aji-aji. Cara gitu udah bisa dilaksanain, si Heyne sendiri nyang akan mancing Pitung keluar dia tidak ingin adu tembak tapi si Pitung bisa dikalahin lewat adu ilmu. Saat Pitung kejebak di sekitar pekuburan Tenabang (sekarang museum Prasasti) disono Pitung dikurung, sebelonnye si Heyne tereak : Lu orang Inlaander, boleh adu ilmu sama Ik, tapi lu orang jangan keluarin itu revolver". Pitung ketawe aje, mane mungkin bule gile bisa ngeluarin ilmu nyang dia pelajarin palingan Wiskunde aje (wiskunde = matematika), bukan ajian elmu ngilang atau kebal bacok. Akhirnye Pitung keluar dan nantang Heyne bekelahi, kontan si Heyne turun dari mobilnye dan mancing Pitung ngeluarin ajian Rawa Rontek, Pitung kepancing pas baca ajiannye dilemparin ama Heyne telor ayam lima biji, si Pitung tiba-tiba jato, trus Heyne tereak minta dilemparin pelor emas. Keruan aje si Pitung ditembakin ama Heyne dua tembakan pelor emas. Pitung langsung mati.

Heyne minta kuburannye di makamin aje di kampung Penjaringan daerah Krekot, tapi ada orang nyang bilangin Heyne kuburannye musti dijage. Supaye Pitung jangan idup lagi. Heyne minta dua puluh orang jage kuburan si Pitung. Sukses Heyne lewatin si Pitung dia diangkat jadi Kepala Polisi se Batavia, kantornye di Tenabang sebelah timur Pasar Tenabang sekarang (kantor PBB). Si Pitung nyang diyakinin bisa idup lagi terkenal dengan rancaknye di kalangan rakyat inilah rancak si Pitung :

Si Pitung sudah mati dibilangin sama sanak sudaranya

Digotong di Kerekot Penjaringan kuburannya

Saya tau orang rumah sakit nyang bilangin
Aer
keras ucusnya dikeringin

Waktu dikubur pulisi pade iringin

Jago nama Pitung kuburannya digadangin

Yang gadangin kuburannya Pitung dari sore ampe pagi

Kalo belon aplusan kaga ada nyang boleh pegi

Sebab yang gadangin waktu itu sampe pagi


Kabarnya jago Pitung dalam kuburan idup lagi
Yang gali orang rante mengaku paye

Belencong pacul itu waktu suda sedie

Lantaran digali
Tuan Besar kurang percaye
Dilongok dikeker bangkenye masi die

Memang waktu itu bangke Pitung diliat uda nyata

Dicitak di kantor, koran kantor berita
Ancur rumuk tulang iganya, bekas kena senjata
Nama Pitung suda mati Tuan Hena ke Tomang bikin pesta
Pesta itu waktu kelewat ramenye

Segala permaenan kaga larangannye

Tuju ari tuju malem pesta permisiannya

Sengaja bikin pesta mau tangkep kawan-kawannya

Nama Pitung mau ditangkep kawan-kawannya

No comments:

Post a Comment