Pages

Saturday 19 March 2016

Begini Asal Muasal Kota Singkawang

Singkawang, kota terbesar kedua di Kalimantan Barat memang menjadi tujuan utama pariwisata di Bumi Khatulistiwa. Kota yang berjarak 145 Km dari kota Pontianak terkenal dengan keindahan alam, budaya, serta kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Amoy ini. Perpaduan budaya Tionghoa, Dayak dan Melayu menjadikan kota Singkawang yang harmonis.

Menilik dari sejarahnya, Singkawang merupakan sebuah desa bagian dari wilayah Kesultanan Sambas. Dahulu Singkawang menjadi tempat persinggahan para pedagang dan penambang emas dari Monterado. Mereka berasal dari negeri China. Para pedagang dan penambang emas menyebut Singkawang dengan kata San Kew Jong yang dalam bahasa Hakka artinya Gunung, Muara dan Laut. Mereka berasumsi dari sisi geografis bahwa Singkawang berbatasan langsung dengan laut Natuna serta terdapat pegunungan dan sungai yang mengalir sampai ke muara laut. Namun ada juga yang mengatakan bahwa nama Singkawang diambil dari nama tanaman Tengkawang yang terdapat di hutan tropis.

Singkawang mulai dikenal oleh orang Eropa sejak 1834 yang tertuang dalam buku The Eastern Seas karya George Windwor Earl yang menyebut Singkawang dengan kata Sinkawan. Catatan lainnya juga didapat dari salah satu tulisan G.F De Bruijn yang terkandung dalam De Volken Van Nederlandsch Indie (1920) berjudul De Maleirs yang terjemahannya berbunyi : " . . . . . . .beberapa puluh mil di sebelah selatan kerajaan (Sambas) dibangun sebuah kota yang dimaksud sebagai kota pemerintahan (Belanda).

Semenjak kemerdekan Republik Indonesia, kota Singkawang merupakan bagian dan ibukota kabupaten Sambas berdasarkan UU No. 27 Tahun 1959 dengan status kecamatan Singkawang. Singkawang memperoleh status kota pada 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 12 Tahun 2001. Dengan ini kota Singkawang ditetapkan sebagai daerah otonom dan diresmikan pada tanggal 17 Oktober 2001 di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah. Hingga sekarang, wliayah kota Singkawang terdapat 5 kecamatan dan 26 kelurahan sebagai berikut :
  • Singkawang Barat
  1. Kelurahan Tengah
  2. Kelurahan Melayu
  3. Kelurahan Pasiran
  4. Kelurahan Kuala
  • Singkawang Selatan
  1. Kelurahan Sijangkung
  2. Kelurahan Sedau
  3. Kelurahan Sagatani
  4. Kelurahan Pangmilang
  • Singkawang Timur
  1. Kelurahan Bagak Sahwa
  2. Kelurahan Pajintan
  3. Kelurahan Sanggau Kulor
  4. Kelurahan Mayasopa
  • Singkawang Utara
  1. Kelurahan Setapuk Besar
  2. Kelurahan Setapuk Kecil
  3. Kelurahan Naram
  4. Kelurahan Sei Rasau
  5. Kelurahan Sei Bulan
  6. Kelurahan Sei Garam
  7. Kelurahan Semelagi Kecil
  • Singkawang Tengah
  1. Kelurahan Sekip Lama
  2. Kelurahan Condong
  3. Kelurahan Roban
  4. Kelurahan Jawa
  5. Kelurahan Sei Wie
  6. Kelurahan Bukit Batu

No comments:

Post a Comment