Pages

Monday 31 March 2014

Usai Bereskan Crimea Kini Giliran Ukraina?

Oleh: Didi Prambadi
INILAHCOM, Moskow – Menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyatakan tentara Ukraina yang setia pada Pemerintah Kiev telah meninggalkan Crimea dan seluruh instalasi militer Crimea dikuasai Rusia.

Al Jazeera mengabarkan Jumat (28/3/2014), hal itu dinyatakan Menteri Sergei saat Presiden Putin mengucapkan selamat kepada jajaran angkatan bersenjata Rusia yang berhasil mengambil alih Crimea. ‘’Crimea merupakan uji coba serius dan mereka menunjukkan moral dan spirit prima sebagai angkatan bersenjata Rusia,’’ kata Presiden Vladimir Putin kepada kantor berita Rusia. Kini, tentara Rusia diperintahkan berjaga dan melakukan latihan militer di perbatasan Ukraina.

AS memperkirakan Rusia menerjunkan 35 ribu hingga 40 ribu pasukan di perbatasan. Jauh di atas perkiraan yang mematok angka 30 ribu personil. Peningkatan jumlah itu membuat AS dan Barat khawatir Rusia melangkah lebih jauh, atau mencaplok Ukraina.

Karena itu Presiden Obama meminta menarik mundur pasukannya dari perbatasan Ukraina dan meminta Presiden Putin memulai perundingan guna mengendurkan ketegangan. Obama menyebut Putin salah mengerti. ‘’Dia rupanya salah mengerti. Kami tidak punya niat mengepung Rusia dan menguasai Ukraina. Kami hanya ingin agar rakyat Ukraina bisa menentukan nasibnya sendiri,’’ kata Obama.[bah]

No comments:

Post a Comment