Pages

Thursday 8 November 2012

KEBOHONGAN PUBLIK DIBALIK LARANGAN MEROKOK...!!!


Akhir-akhir ini, kampanye anti-rokok gencar dilakukan, baik oleh perseorangan maupun oleh lembaga-lembaga NGO, lembaga-lembaga penelitian bahkan oleh lembaga-lembaga keagamaan. Sayangnya, cepat diketahui, dari mana uang mereka. Tulisan ini dibuat dengan cara sederhana, lugas, dan berisi poin-poin penting saja. Bukan untuk membela perokok, tetapi untuk membangunkan orang dari sihir palsu para agen neoliberal.

Anda butuh tahu soal informasi dasar perihal industri rokok di Indonesia. Berikut data-data pokok yang cukup penting Anda ketahui:
  • Total dari hulu sampai hilir, industri rokok melibatkan kurang-lebih: 30.500.000 orang.
  • Dari cukai dan pajak saja, pada tahun 2008, industri rokok menyumbang keuangan negara sebesar: 57 triliun.
  • Dari hulu ke hilir, industri rokok memberi nilai tambah tinggi serta dinikmati oleh masyarakat dan negara, bandingkan dengan industri lain seperti: barang tambang, CPO, karet, kakao dll. Bahan-bahan itu diekspor sebagai bahan mentah, dan nilai tambahnya dinikmati oleh negara-negara pengimpor.
  • Bahan-bahan untuk membuat rokok kretek (rokok khas Indonesia), 96% terbuat dari bahan lokal alias produksi Indonesia.
  • Pada saat krisis ekonomi 1998, industri rokok satu di antara sedikit industri yang mampu bertahan dari guncangan ekonomi.
  • Tembakau sebagai sumber utama rokok kretek , 98%, adalah tembakau asli (indigenous tobacco) diusahakan oleh petani kecil. Yang unik, adalah sebagai tembakau rajangan (pre-cut), bentuk hasil akhir masuk ke pabrik. Sedangkan tembakau untuk rokok putih dalam bentuk krosok (daun tembakau utuh) kering.
  • Tembakau rajang tersebut, jenis Temanggung, Mranggen, Muntilan, Weleri, Madura, Wringin, Garut dan lain-lain tidak bisa diexport. Tembakau rajang tersebut sebagai bahan utama dan hanya bisa digunakan untuk pembuatan rokok kretek.
  • Bahan utama kedua adalah cengkeh, yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Ditanam dan dipanen sepanjang tahun, sesuai dari asal daerahnya mulai dari Sabang-Merauke. Seratus persen produksi cengkeh adalah dari Indonesia, dan sebagian besar untuk kretek.
  • Inilah wujud Rokok Kretek yang khas, unik dan khusus. Produk budaya sejak nenek moyang, menjadi kebanggaan bangsa, kekayaan budaya (heritage) dan satu-satunya di dunia.
  • Industri kretek sebagai cluster industri rokok yang berbasis agrobisnis mempunyai kontribusi besar dalam APBN, peran ekonomi, penyerapan tenaga kerja, sosial budaya, pendidikan, olahraga, lingkungan dll. 
    Benarkah Merokok Mengancam Kesehatan? Mari kita lihat fakta-fakta berikut dengan jernih.
    Pertama, Anda harus mengenal tentang tubuh manusia. Paul A.Lachance mengatakan bahwa tubuh manusia disusun oleh 63 triliun sel, +/- 5 milyar sel, 5 ribu-50 ribu sel mengalami mutasi setiap hari. Mutasi disebabkan makanan/minuman, stress (distress) ,obat-obatan, lingkungan, radio-active (radon), polutan (inklusif asap rokok).
    Catatan: Carl Zimmer (1) mengutip pernyataan Judith Campisi – “Ageing: Balancing Regeneration and Cancer” – dalam Nature, 443,p.404 (2006) , bahwa setiap saat sel membelah, akan terjadi risiko pengembangan sel kanker.
    Kedua, Anda harus tahu bahwa kemampuan hidup normal, organisme ~ aktivitas pemeliharaan sejumlah keseimbangan internal yang secara kolektif disebut homeostasis, termasuk daya tahan tubuh, imunitas. Homeostasis diatur dalam batas sempit melalui keseimbangan cairan tubuh, fungsi sel, aktivitas jantung, fungsi ginjal/liver/paru dan lain-lain. Kemampuan menurun, logis, sebagai fungsi meningkatnya usia.
     
    Maka kunci utama untuk sehat:
     
    Pertama, adalah keseimbangan. Bagaimana sel, protein, kelenjar dan organ yang berada di dalam tubuh kita, yang secara terprogram, bekerja untuk mempertahankan kesehatan dan kebahagiaan kita sesuai kapasitas dan kemampuan menjaga keseimbangan tubuh. Dan ini ditentukan oleh kemampuan tubuh menjaga fungsi sistem imunitas tubuh.
     
    Kedua, sistem imunitas tubuh, humoral dan selular, menjadi kunci utama status sehat seseorang. Menjaga dan mempertahankan mekanisme keseimbangan tubuh, homeostasis, akan menentukan sehat fisikal, mental dan sosial seseorang. Setiap pengaruh makanan, minuman, obat-obatan dan lingkungan yang mempengaruhi manusia secara fisikal, fa’aliah, psikologikal sehingga menimbulkan depresi, kecemasan, ketidakbahagiaan dan gangguan emosional akan berpengaruh kepada sistem kekebalan tubuh dan mudah jatuh sakit. Disini ternyata ‘pikiran’ adalah mitra sistem imun kesehatan. Pikiran tenang, jauh dari distress (bukan eu-stress), berfikir positif, bahagia merupakan kunci utama menjaga keseimbangan tubuh, dan berarti menjaga kondisi sehat. Karenanya, yang perlu dicapai bukan hanya GNP tinggi tetapi juga GNH, Gross National Happiness, inilah kunci sehat dan umur panjang.
     
    Anda juga perlu tahu ini:
    Pernah ada sebuah bernama Proyek MONICA: Guna menjelaskan berbagai kecenderungan kematian penyakit kardiovaskuler (CVD) sejak 1970, pada tahun 1980 WHO membuat proyek MONICA, (Monitoring of trends and determinants in Cardivascular disease) di seluruh dunia dan guna menghubungkan faktor perubahan risiko dalam populasi periode sepuluh tahun (1980~1990). Ada 32 sentra kolaborasi MONICA dibentuk di 21 Negara. Responden sebanyak 10 juta orang – pria & wanita usia 25~64 – yang telah termonitor diseluruh dunia. Hasilnya: tidak ada hubungan antara trend faktor risiko utama CVD seperti koletesterol serum darah, tekanan darah dan konsumsi rokok. Juga tidak ada hubungan antara trend pengaruh (serangan fatal dan non-fatal) stroke dan penyakit jantung koroner. Ternyata penyakit CVD tersebut disebabkan karena defisiensi asam folat (folic acid); demikian juga dengan ibu hamil memerlukan asam folat lebih tinggi daripada sebelum hamil, bisa fatal dalam pertumbuhan janin dan kesehatan ibu.
    Menurut Adler & Morris, ada empat faktor berpengaruh termasuk Neurochemistry, Reflexes, Psikologikal dan Sosial terjadi sebagai kodrat manusiawi. Habituasi atau adiksi karena memang di otak terdapat nikotin reseptor. Demikian juga reflexes sebagai tipe stimulus Pavlovian sangat manusiawi. Kepercayaan dan kebiasaan manusia menunjukkan sikap seseorang terhadap keputusannya secara psikologikal. Faktor sosial dalam pergaulan, lingkungan, dukungan orang lain.
    Kemampuan Tubuh? Dengan pemahaman ajaran Paracelsus “tidak ada racun didunia, yang ada adalah dosis yang tidak benar” mendorong kita untuk mencari takaran merokok yang ‘pas’. Memang tidak ada yang ‘pas’, sangat induvidual karena rentangan NAB orang perorangan sangat beda dan berpengaruh. Sehat dan bugar bisa dirasakan tetapi tidak sama dari seorang ke orang lain. Yang kita perlukan adalah kemampuan diri kita untuk mengendalikan konsumsi apapun, agar tidak berlebihan dan diluar kemampuan tubuh kita, termasuk konsumsi rokok. Dimensinya adalah frekuensi dan jumlah konsumsi. Perhatikan half-life time nikotin yang hanya 30 menit. Bagaimana memperpanjangnya agar tubuh tidak sangat haus konsumsi lagi. Hal ini bisa dicapai dengan merubah pola makanan dari MPA, makanan penghasil asam menjadi MPB, makanan penghasil basa. Hal ini akan merubah frekuensi dan secara tidak langsung akan merubah jumlah konsumsi per hari.
     
    Rokok penyebab kanker?
    Tentang kanker. Menurut Judith Campisi: Setiap sel normal membelah, berisiko menjadi dan berkembangnya sel kanker.
    Di alam terdapat karsinogen sekunder, vide tabel berbagai karsinogen dalam makanan. Konversi karsinogen sekunder menjadi karsinogen primer perlu kofaktor, kokarsinogen, karsinogen promotor, DNA/RNA, dll. Konversi karsinogen sekunder menjadi karsinogen primer dan sel kanker diperlukan laps time 20~30 tahun.
     
    Tentang Nikotin: Half-life time (waktu paruh) dalam tubuh hanya 30 menit. Nikotin dalam Media Model: bukan tergolong physical dependence tetapi psychological dependence, tidak ada bukti euphoria, tidak ada ‘drug abuse’, tidak ada “fly”, “climb a mounting” seperti ketika orang mengkonsumsi opium. Perokok masih “under control” secara individual. Secara masyarakat, tak ada subculture of violence/crime/hubungan dengan prostitusi seperti dampak oleh hard drugs.
     
    Sebab kematian. 10 sebab kematian (WHO): Koroner, Stroke dan Serebrovaskuler, Trachea/Paru/Bronchus, Infeksi pernafasan, Kanker kolon, Alzheimer & Dementias, Diabetus Melitus, Kanker payudara, Kanker usus/perut dan PPOK Dari sepuluh sebab kematian tersebut ternyata 53,3% di negara berpenghasilan tinggi, 44,4% berpenghasilan menengah dan 29,9% dinegara berpenghasilan rendah.
    Konsumsi rokok tertinggi adalah Yunani, 4313 btg/orang/tahun(bot), Hongaria 3265 bot, Kuwait 3062, Jepang 3023 bot, Spanyol 2779 bot. Jepang, angka kematian kanker paru terendah dibandingkan Amerika Serikat. Disebabkan konsumsi enersi lemak di Jepang hanya 8% dari kebutuhan enersinya. Sedangkan Amerika Serikat konsumsi lemaknya 40% dari kebutuhan enersinya.
     
    Mati karena rokok?
    Sejak dekade 80 telah terberitakan setiap 11 detik satu orang meninggal karena rokok, sekarang diberitakan setiap 3 detik satu orang meninggal karena rokok. Apakah pernah dinyatakan dalam certificate of death bahwa kematian mereka
    memang karena rokok? Bagaimana membuktikan kematian tersebut.
     
    Data statistik: Yang disajikan atas dasar data epidemiologi .
    Fakta : Hubungan penyakit dan angka kematian tidak sebagai cermin data riset hidup sebenarnya. Tidak ada hubungan kuantitatif dan kualitatif yang nyata. Orang Jepang perokok berat, 3023 batang/orang/tahun, tetapi angka kematian kanker paru terendah didunia. Menurut Harvard Medical School, orang Jepang dalam diet harian konsumsi sumber enersi dari lemak hanya 8% dibandingkan konsumsi orang Amerika 40% berasal lemak (simak S.A.D./USA).
    Mitos tentang perokok pasif
    Issue ETS: Environmental Tobacco Smoke, passive smoking, ditempatkan sebagai perkosaan pernafasan orang. Non perokok lebih menderita daripada perokok?
    Bantahan: Memang ada orang yang tidak tahan terhadap bau asap rokok. Untuk tersebut diatas harus dihargai. Bukan perokok (dekat perokok) terpapar asap rokok tetangganya sangat minim karena larinya asap rokok keatas (temperatur asap lebih tinggi). Dari hasil penelitian terhadap ratusan ‘caffee’yang dilengkapi “extractor” diatas kepala, setelah cafe tutup (sekitar durasi 4 jam) ternyata pengunjung non-perokok dapat paparan ekivalen merokok satu batang kalau dia tinggal di caffee selama 105 jam.
    Kalau 70 juta batang rokok dibakar di Jakarta per hari, akan memberikan total particulate mater (TPM) sebanyak 5 ton. Kalau 200 ribu kiloliter BBM dibakar sehari akan menebarkan 100 ton TPM, ditambah dari industri, pesawat terbang dan debu akan ada total 205 ton TPM per hari di Jakarta. Kontribusi TPM rokok hanya 2,4%.
     
    Benarkah rokok mengandung bahan adiktif?
    Bahan adiktif: Dinyatakan bahwa nikotin sebagai bahan yang bertanggung jawab atas kecanduan seseorang yang merokok.
    Bantahan: Nikotin, dari tanaman Nicotiana Tabacum, adalah amine tertiair terdiri dari pyridine dan pyrolidine (C10H14N2). Nikotin sering disamakan dengan sifat adiksi heroin, opium, cocain yang selalu menuntut tambah dan tambah dosis. Dan tuduhan ini sangat berlebihan (over-used), bahkan British Medical Association menyarankan anggota dokternya agar tidak menggunakan kata adiksi sebab “kata tersebut membawa impresi bahwa tidak mungkin seorang perokok bisa berhenti, ini memungkinkan”. Memang untuk nikotin, dalam situasi asam akan mudah membentuk garam karenanya cepat diekskresikan lewat urine. Waktu-paruh hanya 30 menit. Dengan diet MPB akan mudah tuduhan adiksi tersebut diatasi. Nampaknya, kata adiksi, sesungguhnya salah aplikasi dalam konteks nikotin dan tembakau. Lihat posisi nikotin terhadap bahan-bahan tergolong NAFZA, baik ditinjau dari tingkat ketergantungannya dan tingkat asseptabilitasnya.
    Benarkah petani tembakau melakukan pengerusakan lingkungan?
    Penggundulan Hutan: Industri dituduh melakukan usaha penggundulan dan tidak melakukan perlindungan lingkungan.
    Bantahan: Luas areal tembakau di Indonesia hanya sekitar 200 ribu Ha dan luas areal ini merupakan 0,64 % dari seluruh cropland yang ada di Indonesia.
     
    Merokok mengganggu kesehatan ibu hamil dan anak-anak?
    Tentu saja iya! Maka itu industri rokok tidak memasarkan rokok untuk anak dan ibu-ibu hamil. Ibu-ibu lebih rasional dalam menentukan keputusan merokok. Sejak dulu kala, memang rokok tidak dibuat untuk anak-anak. Tidak ada niatan dan kesengajaan bahwa rokok untuk anak-anak. Pergaulan dalam lingkungan anak-anak yang sangat berpengaruh. Perlu perhatian serius orang tua dan sekolah tehadap lingkungan dan berkembang-tumbuhnya anak-anak kita kedepan. Saat ini nampaknya guru dan sekolah lebih berperan daripada orang dan rumah tangga.
    Tetapi kalau ibu hamil dan anak-anak lebih ingin sehat, beranikah Anda bilang: larang semua mobil yang jelas-jelas membuang polutan sangat besar di udara. Beranikah Anda protes bahwa mi instan harus ada kalimat larangannya untuk mengonkonsumsi dalam rentang hari tertentu karena mengandung MSG dan lapisan lilin. Kenapa Anda tidak protes dengan tempe dan tahu yang dibuat dari kedelai transgenik. Kenapa pula Anda tidak pernah berteriak tentang awas ikan laut yang di beberapa laut Indonesia mengandung kadar merkuri yang sangat besar karena lautnya sudah tercemar?
     
    Kenapa kampanye anti-rokok semakin hari semakin gencar?
     
    Pertama, terdapat perang besar antara industri farmasi dan industri rokok. Hanya bedanya, industri farmasi berdalih sebagai ‘dewa kesehatan’ dan menyerang industri rokok sebagai ‘setan kesehatan’. Padahal, dalam banyak hal, industri farmasi tak kalah jahat. Lihat praktek-praktek pemberian obat-obatan di rumahsakit dan di apotik-apotik.
    Kedua, karena di negara Eropa dan Amerika, pasar rokok sudah sampai pada titik maksimal. Sehingga mereka harus masuk ke pasar Indonesia dan bahkan berusaha mengakuisi perusahaan-perusahaan rokok di Indonesia. Tetapi karena elemen penting rokok adalah tembakau yang diproduksi di Indonesia, mereka menyerang rokok kretek sebagai rokok khas Indonesia, sebab jika berhasil, maka tembakau yang dipakai kelak akan didatangkan (impor) dari negara lain.
    Jadi, masihkan Anda dengan dungu menganggap bahaya merokok itu hanya sekadar soal kesehatan? Buka mata Anda, ini soal perang ekonomi dan pemalsuan penelitian. Lebih kritis, lebih cerdas dan bangunlah dari sihir mitos berbalut teori, yang di belakang itu semua adalah persoalan perang ekonomi!

181 comments:

  1. Kerennnnn. ini tulisanku tentang rokok untuk kesehatan, http://romodewa.net/cara-merokok/

    ReplyDelete
  2. Para prajurit yang terjun ke medan tempur di masa perang dunia I dan ke II, semuanya dibekali rokok. TNI dulu membekali prajuritnya dengan rokok merk Kartika Eka Paksi. Istana Presiden RI sampai ke masa presiden Soeharto memiliki cindera mata berupa rokok. Mana ada prajurit dari Perang Dunia yang mati karena rokok ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. matinya karena ditembak,,, kena bm ,, ranjau,, dan senjata tajam lainnya bukan karena rokok y bro

      Delete
    2. eh iya juga ya... hehehe

      Delete
    3. Besok kalau punya anak masih kecil kasih aja rokok broo, hehehe. kan gak ada pengaruhnya juga.

      Delete
  3. 3. Sebab Kematian : Merokok menyebabkan Penyakit Jantung Koroner, dimana penyakit ini adalah penyebab utama kematian di Amerika. Para perokok terbukti 2 hingga 4 kali lipat lebih mudah terkena Penyakit Jantung Koroner dibandingkan bukan perokok. Source : “Monoamine Oxidase and Cigarette Smoking.” - Fowler et al, 2003.
    4. Nikotin sebagai zat adiktif pada Rokok –amongs other things :
    a. Memang Benar, Nikotin hanya salah satu dari sekian faktor yang menyebabkan ketagihan merokok termasuk Carbon Monoxide, Hydrogen Cyanide, Arsenic dan Ammonia. Tapi tahukah Anda, zat-zat ini dalam jangka panjang terbukti menyebabkan BERMACAM-MACAM gangguan kesehatan seperti kerusakan DNA seperti contoh, benzo(a)pyrene pada rokok merusak sel bernama p53 yang pada umumnya melindungi sel kita dari Kanker. Sedangkan zat formaldehyde dan acrolein yang terdapat pada rokok menjadi pembunuh utama Silia, bulu-bulu halus didalam rongga hidung yang menjadi penghadang utama racun yang terhisap oleh manusia.
    I can go through this on and on, but… without a harm intention for this article owner and only for the sake of argument, tolong pembaca jangan hanya memandang artikel ini hanya dari satu sisi dan menelan mentah-mentah seluruh isi argumen yang mendukung merokok ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekaweka ini nyontek dimana mas?

      Delete
    2. Beda dengan kretek ck mau bukti tonton ya www.youtube.com/cigarskruiemedia .... ada yang minat sms ke 087701498798 /wa 082337324858

      Delete
    3. Ya udahlah jangan pada nyari benernya sendiri.. klo emang anda tidak merokok gak usah aneh" dan hargai yang merokok..dan bagi anda yang merokok hargailah yg tidak merokok.. lgi pula kan dengan merokok kita ikut membantu pendapatan negara tw..

      Delete
  4. sumber tulisan ini dari mana bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari amerika kali ya, yang ingin industri rokok indonesia bangkrut

      Delete
  5. persetan dengan kanker, urusan jodoh rejeki umur sudah ada yang atur..
    emang kalo ga ngrokok,lo bakalan kaya? bakalan hidup abadi?
    kambing ga ngrokok,toh juga mati kan.
    ngrokok mampus,ga ngrokok juga mampus.
    yah mnding ngrokok aja ampe mampus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Anda seorang perokok? Jika iya, mungkin Anda juga termasuk orang yang ikut mengatakan bahwa "rokok" bukanlah sesuatu yang haram. Dan mungkin, Anda juga orang yang termasuk "ngeyel" ketika ada orang lain yang mengingatkan Anda untuk tidak merokok lagi.

      "Ngerokok ataupun tidak, toh semua orang pasti meninggal! Tuh buktinya si Fulan yang gak ngerokok meninggal juga karena kepleset daun pisang!"
      Ini salah satu sampel jargon yang sering dipakai perokok untuk "ngeles". Buat para perokok, cobalah Anda baca percakapan ini! Semoga dapat meberubah pikiran Anda terhadap rokok

      ROKOK !!

      GURU : “Syeikh, menurut saya rokok itu tidak haram.”

      Syeikh : “Kenapa?”

      Guru : “Tak ada dalilnya. Saya ingin tahu, satu ayat saja yang menyebutkan ‘diharamkan atas kalian rokok’.”
      Syeikh : “Apakah Anda makan jeruk, apel, maupun pisang?”

      Guru : “Iya.”

      Syeikh : Apakah” ada ayat yang menyebutkan bahwa jeruk, apel maupun pisang itu halal?”

      Guru : “Tidak ada.”


      Syeikh : “Bagaimana tidak ada, bagaimana Al Qur’an tidak menyebutkan mana yang halal dan mana yang haram, padahal Qur’an itu pedoman umat. Coba perhatikan firman Allah Ta’ala dalam surat al-A’raf : (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan MENGHALALKAN bagi mereka segala yang BAIK dan MENGHARAMKAN bagi mereka segala yang BURUK..(QS al A’raf 157).”
      “Maka segala yang baik semisal daging, jeruk, apel, susu dan lain lain itu termasuk yang baik-baik sehingga termasuk yang dihalalkan. Adapun yang buruk-buruk, maka Allah mengharamkannya.”

      Guru : “Menurut kami, rokok itu termasuk thayyibaat (yang baik-baik), meskipun menurut Anda tidak baik.”

      Syeikh : “Anda punya istri?”

      Guru : “Ya…”

      Syeikh : “Anda punya anak?”

      Guru : “Ya …”

      Syeikh : “Jika kaulihat anakmu mengunyah permen, apakah kamu ridha?”

      Guru : “Ya, tidak masalah…”

      Syeikh : “Kalau kaulihat anakmu sedang menghisap rokok, apakah kamu ridha?”

      Guru : “Tidak…”

      Syeikh : “Kenapa?”

      Guru : “Karena itu tidak baik (yakni termasuk sesuatu yang buruk). Jika itu sesuatu buruk, bukankah masuk yang haram? Bagaimana pula jika yang merokok itu istrimu?”

      Tiba-tiba sang guru mengeluarkan bungkusan rokok dari sakunya, ia meremas dengan tangannya lalu menginjak dengan kakinya, lalu ia berkata, “Mulai sekarang wahai Syeikh, saya bertaubat kepada Allah dari rokok.”

      Delete
    2. Kalau msh bujang gapapa berarti Syeikh?
      Kan blm pnya anak istri .. ;)

      Delete
    3. ngerokok mampus, gk ngerokok jg mampus. mending ngerokok sampai mampus.
      yaa mending minum racun aja bang, minum gk minum ya jga mati.

      Delete
    4. hii baik buruk ada konteksnya seeeh... jawaban Guru yg trakhir, kok maksa (kayak dibikin pembenaran jawaban syeikh), bikin cerita ya agak mendingan dikit lah ya mas, jangan maksain.. ayo mas ilham belajar nyerpen lagi. :)

      Delete
    5. Merokok itu merusak tubuh. Tdk baik bgi kesehatan. Dan segala sesuatu yg tidak baik itu hukum nya HARAM.

      Delete
    6. istri: pak, merokok terus ga takut mati?
      suami: ga, bu ^_^
      istri: kenapa?
      suami: bu... bapak kan bawa korek, klo mati ya bakar lagi.

      Delete
    7. Logika syeikhnya masih dipertanyakan..
      masa gk bisa membedakan anak kecil sama dewasa..

      Delete
    8. Gini aja deh, kalau Anda bisa mensejahterkan para buruh pabrik Rokok, boleh deh bisa bicara seperti itu, karena orang yg bergantung hidup untuk bekerja menjadi buruh rokok itu jutaan orang. Lantas bila mereka tidak memiliki lahan kerja lagi, kemiskinan makin bertambah, sedangkan pemerintah masih blm ada solusi pasti, apalagi pajak rokok salah satu yang terbesar menyumbang untuk negara.

      Delete
    9. Untuk ilham ritter
      Saya muslim tapi Saya mau tanya kenapa bayi gk boleh minum susu sapi???
      Dan mengapa ibu hamil gk boleh makan nanas??
      Padahal semua itu sehat.
      Dan mengapa anak kecil dilarang minum minuman energy seperti extrajos dan kuku bima.

      Delete
  6. perang ekonomi itu lebih jahanam dari perang mafia...

    issu fitnah ...
    .. dibalik larangan rokok.. dia mau bikin indiustri sabusabu .... edan..
    semoga kita lebih arif .. cek dulu program kampanye.. wahai aparat jangan tidur...

    ReplyDelete
  7. Lain kali, kalau membuat artikel, harus jelas gan, Source nya darimana.

    Ini artikelnya, gak boleh ditelan mentah-mentah.

    Gak ada Bukti data, atau berdasarkan apa si Penulis memaparkan hal-hal tersebut.

    Luas areal? Itu dapet dari sumber mana?
    Data statistiknya darimana?
    Bisa dipertanggungjawabkan?

    ReplyDelete
  8. SIlahkan merokok... tapi telen semua asepnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan naik kendaraan bermotor, tapi kenalpotnya pakein selang ke idung loe yak, biar orang laen gak kena polusi

      Delete
    2. hahahaaaiii.... sumpah gw ngakak. lam kenal semua. semoga rokok mendamaikan semua

      Delete
    3. Hahahaha...cukup mengocok perut.

      Delete
  9. Setuju, saya merokok hanya ingin menyumbang negara ini kita, jadi berterima kasihlah kepada perokok, rakyat indonesia bisa nonton siaran langsung sepakbola, bulutangkis, liga champion, piala dunia, itu semua berkat para perokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa disadari oleh para perokok ,1 batang rokok sudah memberi nafkah thdp ratusan orang karyawan pabrik rokok, puluhan karyawan distributor, beberapa karyawan supplier, beberapa penjual. Itupun belum ditambahkan dengan jumlah anggota keluarga yg dibiayai oleh orang2 yg mendapatkan hasil dari rokok itu .
      Itulah kebaikan dari setiap 1 batang rokok yg dihisap para perokok. Bayangkan kalau 1 orang perokok menghisap 1 bungkus setiap hari. Wkwkwwkkk...
      Tapi..kalau bisa berhenti merokok..berhentilah.. Sayang duitnya...😄

      Delete
  10. silahkan merokok, tunggu saja masa Anda datang, ketika anak istri dan saudara mu menangisi mu, dan kamu tak bisa berkata apa apa lagi, hanya bisa menyesal, hanya bisa meminta maaf didalam hati, sedang mereka yg kau sayangi masih membutuh kan mu, silahkan merokok, silahkan saja, tolong hargai saja org di sekitar Anda, jika ingin merokok, maka merokok lah di dekat keluarga anda saja, hargai orang orang yang masih menghargai kesehatannya, atau orang orang yg pernah merasakan kehilangan org yg mereka sayangi karena rokok.terimakasih (ayah saya meninggal 2009, ketika saya,saudara dan ibu saya masih membutuhkan beliau. Saya percaya takdir, tapi kitalah yg menentukan seperti apa takdir itu menghampiri kita)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kyaknya tuhan kalah ilmu sama rokok nih.. maut ditentukan oleh rokok ?

      Delete
    2. Emng bpk loe kali yg penyakitan,.,d tambah masuk rumah sakit jmpa dengan dokter yg udah d iming2i kerjasama dengan keuntungan besar dari pihak farmasi... loe pikir aja pake logika menurut loe bahan kimia tu baik gak untuk kesehatan dan yg k dua loe hutung zat2 kimia yg bokap loe makan slma hidupnya lalu bandingkan hasilnya dngn rokok..ok mengerti..
      Emng si dokter berani jamin orang yg tidak merokok g bakalan kena sakit dan berumur panjang klw emang dia berani apa yg mereka brani jaminkan.. logika anda dimana perbandingan gampangnya ni y cba anda hitung jumlah racun/nikotin pada rokok lalu bandingkan dngn polusi udara d kota anda lalu anda akan tau hasilnya. Ok itu ajah tq yach.,

      Delete
    3. "Merokoklah di dekat keluarga anda " -.-
      Sabar mbak .. Kadang non perokok juga harus memberi ruang mbak .. Sy blm pernah melihatvreaksi non perokok mempersilahkan perokok untuk melanjutkan merokoknya .. Yg ada mlah batuk2 doang .. Trus si perokok matiin rokoknya ..

      Delete
    4. Ayah q perokok berat n tulen beliau meninggal di usia 111 tahun... Tetangga q ad yg anti rokok meninggal di usia 43 krn penyakit jantung... Sumber penyakit bukan lah rokok saja mmg rokok jg mengandung bahan berbahaya jg tp bnyak jg makanan instan yg juga demikian anti pati trhdap rokok jgn trlalu berlebihan krn bnyak juga manfaat dr rokok...

      Delete
    5. Ayah q perokok berat n tulen beliau meninggal di usia 111 tahun... Tetangga q ad yg anti rokok meninggal di usia 43 krn penyakit jantung... Sumber penyakit bukan lah rokok saja mmg rokok jg mengandung bahan berbahaya jg tp bnyak jg makanan instan yg juga demikian anti pati trhdap rokok jgn trlalu berlebihan krn bnyak juga manfaat dr rokok...

      Delete
    6. hihi... mbak venny ini kocak, bapaknya meninggal yg disalahin rokok :wew

      Delete
    7. Emang saya bingung sama orqng2 yg tidak merokok ini...

      Delete
  11. terlalu banyak orang bodoh disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kayak pinter aja lu,, ngataian orang bodoh,,

      Delete
    2. Giliran rokok aja d sorak2in gni gtu ...loe sadar gak brapa banyak timba/polusil yg d hasilkan knalpot kendaraan loe yg d hirup manusia d blakang loe ...loe emng pintar bro pinter bgt...soal menyalahkan orang..

      Delete
    3. Tuhan bangga punya anda, terlalu pinter untuk mengatakan orang lain bodoh.

      Delete
    4. Ah kayak pinter aja lu,, ngatain orang bodoh,, #2

      Delete
    5. Jadi perokok kok bangga,,bangga itu kalo hidup lo berguna buat orang laen

      Delete
    6. Jadi perokok kok bangga,,bangga itu kalo hidup lo berguna buat orang laen

      Delete
  12. Lebih baik cari aman saja gan...

    ReplyDelete
  13. Merokoklah asal jangan berlebihan karna segala sesuatu yg belebihan tidak baik haha

    ReplyDelete
  14. Merokoklah asal jangan berlebihan karna segala sesuatu yg belebihan tidak baik haha

    ReplyDelete
  15. PARA PEROKOK paling tidak sudah menyumbang untuk pajak negara.....
    PARA ANTI PEROKOK .....SUDAHKAH MENYUMBANG UNTUK NEGARA KITA...?
    KAMPANYE ANTI ROKOK juga sebagian dibiayai dari uang hasil penjualan ROKOK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua warga negara itu menyumbang untuk negara lewat pajak :) Tidak ada warga negara yang bebas pajak. Jika anda bilang kampanye anti rokok dibiayai oleh hasil penjualan rokok artinya Anda tidak pernah melakukan program-program campaign maupun program sosial lainnya. campaign anti-rokok biasanya dibiayai oleh industri kesehatan dan farmasi karena memang mereka berhubungan langsung dengan tujuan dari campaign tersebut. Selain itu, memang ada beberapa source asing yang bisa memberikan biaya, mereka pun biasanya adalah lembaga/organisasi/institusi yang bergerak dengan tujuan yang sama dengan campaign tersebut. Untuk tujuan tertentu? Jelas. Saat memberikan proposal pengajuan dana untuk campaign, seseorang yang merancang program pasti akan memberikan tawaran kepada mereka yang menjadi sponsor. Selain itu, campaign juga dilakukan dari dana yang dikumpulkan dengan sumbangan sukarela.

      Delete
    2. rizky ini bergelora nyoba jelasin, tapi sayang banyak kurangnya (maklum)..mas/mba rizky bloomberg ngasih dana tuh ke anti rokok

      Delete
  16. Nice Info.... Khusunya buat orang yang melarang merokok,,,, Silahkan disimak, dibaca, dan dipahami,,,,
    Mungkin ini kali yak yang buat Indonesia sekarang banyak utang, Rokok mau di berhentikan di setiap sudut kota, hasilnya sumbang bea cukai dari rokok malah menipis,,, Politiknya luar biasa,,, Mentang2 Indonesia penghasil tembakau terbesar, malah mau dimusnakan,,,

    ReplyDelete
  17. sedikit cerita dari kawan, bapaknya doa (kawan) pernah sakit pencernaan (pada usus), ketika di check up sampai rongen semua organ dalamnya, dokter menyatakan harus dioprasi ususnya, kawanpun iseng bertanya ke dokter "dok...paruparu bapak saya gimana keadaannya " sambil menunjukkan hasil rongen...dijawab dokter sambil melihat hasil rongen.."paruparunya baik...gak ada masalah kok"..., kawanpun dalam hati bingung...padahal bapaknya sudah merokok semenjak SMP

    ReplyDelete
  18. sedikit cerita dari kawan, bapaknya doa (kawan) pernah sakit pencernaan (pada usus), ketika di check up sampai rongen semua organ dalamnya, dokter menyatakan harus dioprasi ususnya, kawanpun iseng bertanya ke dokter "dok...paruparu bapak saya gimana keadaannya " sambil menunjukkan hasil rongen...dijawab dokter sambil melihat hasil rongen.."paruparunya baik...gak ada masalah kok"..., kawanpun dalam hati bingung...padahal bapaknya sudah merokok semenjak SMP

    ReplyDelete
  19. huakakakakkakaka ketawa aja deh liat pernyataan yg mengejutkan itu
    saya penasaran berapa dalam km tau tentang ilmu biomedik

    saya jg tidak stuju bila ada larangan merokok
    karena nanti obat industri farmasi ga laku dong
    farmasi jg butuh "sample" organ buat dianalisa untuk membuat obat baru
    artikel yg bagus kak smoga booming ya :D

    ReplyDelete
  20. silahkan merokok, tapi tolong asapnya ditelan sendiri. banyak orang yang tidak tahan dengan asap rokok.
    kami tidak peduli ente mau merokok, yang penting tolong jangan mengganggu orang yang tidak merokok dengan membuang asapnya sembarangan, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasib asab kendaran gmn bro ? Ente yg mau nelen ?

      Delete
    2. Nasib asap kendaraan gmn bro? telen sama ente!

      Delete
    3. Mungkin lebih seneng isep asap kndaraan.. heher

      Delete
    4. mas Bagus Chrissetiawan, saya berjanji akan menelan setiap asap rokok yang saya hisap "(demi tidak memberi poLusi pada orang lain)", tapi dengan syarat asap knalpot kendaraan anda juga harusanda telan demi tidak memberi poLusi pada orang lain, gimana setuju,...???
      mohon tidak memandang sebelah mata Lah,....

      Delete
  21. Asap knalpot lebih mematikan daripada asap rokok, tolong yg punya mobil ditelan asap 💨 nya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bisa aja nih orang wkwkwkw

      Delete
    2. Ok g masalah asal knalpot kendaraan loe tu ye loe arahkan k muke loe...ok impaskan..jngn cma bsanya nyalahkan orang bray...

      Delete
  22. Yg nulis ini bisa aja tukang rokok pinggir jalan. Nulis ginian biar jualannya laku ha-ha. Yaudah sih sendiri diri aja. Bijak aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg nulis ini tukang rokok pinggir jalan, ya saya bangga mas...daripada situ pengen bijak tapi sinis wek

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  23. Yap.. Saya bukan Perokok, tetapi yang saya tau .. Larangan Rokok itu akal" an Industri Farmasi Dunia.. karena pada Abad" yang lalu Orang - orang Lebih Memilih Rokok daripada Obat" . Sehingga Industri Farmasi mengalami kerugian. Setelah itulah Para ahli" di seluruh dunia di biayai untuk meneliti Rokok dan menemukan Zat" yang di anggap berbahaya agar Orang" tidak lagi membeli Rokok.

    ReplyDelete
  24. farmasi mengalami kerugian ???
    yang benar saja.,,
    bukannya semakin banyak orang sakit semakin laku obat-obatan ?
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau karna orang yg merokok itu jarang terkena penyakit? (Jika dibandingkan yg tidak merokok)
      Mungkinkah itu?
      Wikikikikkkk... Peace..peace..

      Delete
    2. Atau karna orang yg merokok itu jarang terkena penyakit? (Jika dibandingkan yg tidak merokok)
      Mungkinkah itu?
      Wikikikikkkk... Peace..peace..

      Delete
  25. masa Bodoh,,,,,,gua ngk ikutan

    ReplyDelete
  26. Ngrokok ya ngrokok,, tapi nek ngrokok neng ngarepe anaku tak antemi pokoe,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woles mbak .. Aku yen udud ora ng cdak bocah kro wong wedok .. Kudune ko ngono to? Hehehe

      Delete
    2. Nek anakmu nang mburine knalpot motor opo mbl opo yo meh mbok antemi seng duwe mbl opo motor kwi....hahaha....

      Delete
    3. Bro erwin: sing parah neh nek sing numpak mobil po motor kuwi anake... di antemi brarti anake... ciloko.. aku yo ra ngrokok,tp aku ra lebay ngadepi wong ngrokok.. di nengke wae suk lak yo dho mati dewe2, termasuk aku... sing penting le golek sangu mati..

      Delete
    4. motor/mobil punya tempatnya sendiri di jalanan (bukan di ruang publik), jd klo ngrokok harusnya punya tempatnya sendiri bray....

      Delete
    5. Anakmu ning ndi saiki?
      Kene tak udud ning ngarepe.
      Emang aku gak iso mbales ngantem nek mbok antemi?

      Delete
  27. ini dia kumpulan hasil penelitian dari beberapa universitas dunia tentang manfaat tembakau dan merokok, cekidot gan.. :)

    http://info-sipaijo.blogspot.com/2015/04/fakta-dan-ribuan-manfaat-tembakau-yang.html

    ReplyDelete
  28. Faktanya,perokok lebih tenang dan penyabar. mereka terbiasa dengan menghisaap lalu ditahan sebentar (tuma'ninah) kemudian dihembuskan. pelajaran agar bisa bersabar

    ReplyDelete
  29. Tanpa perokok indonesia mlarat kucar kacir semua (logika)

    ReplyDelete
  30. Fakta yg berbicara keluarga saya Yg laki2 Perokok semuanya...Kakek buyut Perokok Umur bs Nyapai 100lebih Juga sehat Ayah saya Sekarang umur 80an Masih Sehat Beliu juga perokok....Dari kenyatan ini Apakah aq harus Percaya bahwa Rokok penyebab Seseorang Menjadi sakit... dg dalih Asapnya menggangu Kesehatan dan Macam2..Bagi saya Obat nyamuk bakar jauh lebih berbahaya Apabila Di dekat Besin hahahahha

    ReplyDelete
  31. Rokok tidak menyebabkn kematian, mati dan rejeki Tuhan yg atur,bukan rokok yg atur...

    ReplyDelete
  32. Kalau gak boleh ngrokok.
    pabriknya di tutup aja. .
    jangan cuma gembar gembor. .
    Kemunafikan terjadi iklan larangan rokok menjamur, ,tpi pemerintah juga menikmati hasilnya. .
    Intinya saling menghargai. .
    Yg gak ngroko gk usah usil dan merasa paling benar dan paling sehat
    yg merokok jga menhargai yg tidak merokok,jgn ngrokok di tempat2 yg tidak di perbolehkan untuk merokok. .
    Simple.

    ReplyDelete
  33. hahahaha...
    komentarnya lucu2..
    hidup rokok...
    ups

    ReplyDelete
  34. Itu semua kan opini sodara2 semua..baik yang pro atau yang kontra..tapi faktanya: kakek saya umur hampir seabad, beliau adalah perokok berat, bhkan rokok yg g ada busanya (:v),,pertanyaanya: apakah merokok itu membahayakan kesehatan?
    Oke saya setuju asap rokok mengganggu yg lain, karena yg tidak suka rokok jg banyak, jadi ya klo merokok harus tau situasi..
    Trus, kenapa pabrik rokok g ditutup? Kalo misalnya rokok dilarang apalagi diharamkan (wkwk) ya mending iklanya dihapuskan, g cuma disensor,,aneh bin ajaib,,iklan rokok tp rokoknya disensor, emg orang2 bs ngliat rokok cm di tv? Lha didunia nyata?? Aneh bin blo*on dech pokoknya.. :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bro kakek gue jga..malahan orang perokok biasanya lbh semangat dan lbh sehat d bandingkan dengan non prokok cma isi dompetnya aja yg mengalir deras..rokok membunuhmu kata siapa..?kata dokter y iya lah mata pencariannya jdi berkurang ...

      Delete
    2. Fakta dimasyarakat sekitar ane...para perokok lebih rajin daripada yg tidak merokok...

      Delete
  35. Borbor News: Lowongan Kerja Bank BCA Bank Central Asia | Membutuhkan tenaga kerja | Jika anda berminat, Silahkan lihat infonya lbh lengkap disini --->http://t.co/RR3rYpmpne

    Tetap hati2 terhadap Modus atas Oknum yang mengaku dapat memasukan anda kerja dengan iming2 biaya gono gini. Jika anda mengalami penipuan, berbagilah kepada mitra pencaker melalui email: redborbornews@gmail.com
    Semoga info diatas bermamfaat, Sukses buat anda...

    ReplyDelete
  36. Kalo bisa gue telen. udah gue telen tuch semua asap rokok dji sam soe gue. hahaha... BTW kapan ya harga rokok turun.. biar makin pas pus pas pus gue ngerokoknya... :P

    ReplyDelete
  37. Artikel goblogh.........rokok kue jls mengganggu kshtn goblogh koe

    ReplyDelete
  38. bal mangan ola ngelokok,,,,,kya cinta tak terbalas wkwk

    ReplyDelete
  39. Dari pada duit buat beli rokok, mending buat beli beras, telor, sayur buat makan anak istri, Setuju!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lok untuk sandang pangan papan sudah ada rizkinya masing2...
      begitu jg dg rokok..

      Delete
  40. kayaknya nih artikel sesat amaat yah... kita lihat dikampung2, anak2 tidak sekolah mereka beralasan tidak punya uang, anak istri mereka kurang gizi katanya gak punya duit, tapi mereka peroko2 berat, bapaknya perokok, anak2 lakinya perokok, kasihaaaaannn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bkan salah rokoknya mas itu karakter manusianya aja yg bermasalah..hal itu bsa jga terjadi pada hal2 lain bkan karna rokok saja,..catat..

      Delete
    2. pikiran situ yg sesat nas ruuuuuulll.... cm kasian doang liat anak gak sekolah, bantu dong rul.

      Delete
  41. Perokok adiktif hilang akal sehatnya...mereka tetap merokok meski orang sekitarnya membencinya, dan dia tau itu. tapi tetap saja merokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan g smuanya yg membencinya ada jga yg menganggapnya biasa2 saja seperti bakar sampah d halaman..dan memeng ada jga beberapa tipe orang yg mudah terprofokasi dngn iklan2 larangan merokok biasanya orang2 seperti itu lah yg berkoar dan menganggap dirinya g bersalah ... emng g mikir asap knalpot mobil/motor tu enak gak .,udah d bilangin masih aja naik mobil/motor.....jadi anda golongan adiktif jga gak..?

      Delete
    2. situ hilang hati nurani, penuh benci...

      Delete
  42. Sekarang kita g usah menyalahkan si A atau si B kita harus tau yg sesungguhnya jngn mau d bodoh2in cari terus kebenaranya sampai dapat klw memang rokok yg salah tutup aja semua pabrik rokok klw dokter yg salah gmn apa mungkin eemua rs harus d tutup..?

    ReplyDelete
  43. Rokok menambah keimanan.
    Kalau yang percaya merokok membunuhmu, terus berhenti merokok. Berarti anda percaya rokok yang membunuh.
    Tapi yang tetep merokok, berarti percaya bahwa kematian adalah urusan Tuhan.

    ReplyDelete
  44. Rokok menambah keimanan.
    Kalau yang percaya merokok membunuhmu, terus berhenti merokok. Berarti anda percaya rokok yang membunuh.
    Tapi yang tetep merokok, berarti percaya bahwa kematian adalah urusan Tuhan.

    ReplyDelete
  45. merokok adalah pilihan hidup,so gw tetep ngrokok aja,jika asap rokok berbahaya trus bagaimana bahayanya asap kendaraan bermotor,pembakaran sampah dan asap2 yg lain,jika gw harus nelen asap rokok,gw mau aja asalkan yg nyuruh nelen asap kendaraan dan asap2 yg lain,jd jgn memojokan perokok broo,harus bisa lebih bijak menanggapi masalah rokok,thanks

    ReplyDelete
  46. merokok adalah pilihan hidup,so gw tetep ngrokok aja,jika asap rokok berbahaya trus bagaimana bahayanya asap kendaraan bermotor,pembakaran sampah dan asap2 yg lain,jika gw harus nelen asap rokok,gw mau aja asalkan yg nyuruh nelen asap kendaraan dan asap2 yg lain,jd jgn memojokan perokok broo,harus bisa lebih bijak menanggapi masalah rokok,thanks

    ReplyDelete
  47. Sing ngrokok yo ngrokok sing ora yo ora wong aku biyen yo ngrokok aku leren ora mergo larangan merokok ancen wes bosen gk enak

    ReplyDelete
  48. Kalo emang roko itu baik..
    Ngeroko bareng aja lo bro ama anak n bini lo..
    Ya ga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berhubungan dengan istri anda baik..
      maka coba berhubunganlah didepan anak2 anda..

      Delete
  49. Merokok memubazirkan uang...itu baru bener...

    ReplyDelete
  50. meskipun tidak dilarang, tp bukan berarti baik kan???
    kalau memang BAIK, coba gimana perasaan anda kalau Istri atau Anak anda merokok?
    Apakah anda mengijinkan????
    terus untungnya apa yang bisa kita peroleh dari merokok???
    kalau ga ada untungnya, berarti itu mubadzir bukan???
    Untuk para muslim, apakah dulu Nabi Muhammad pernah mengajarkan sunnah merokok???
    mending ditabung uangnya to lek-lek, bisa buat naik haji atau umroh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekaweka... ini nyoba bijak tapi..... :D whawahawhahhaa

      Delete
    2. Rizki untuk sandang pangan papan sudah diatur pak..
      begitu jg dg haji dan rokok...

      Delete
    3. Dari tabungan anda yg harusnya buat beli rokok, udah bs berangkat haji brp kali?

      Delete
    4. Kami sekeluarga merokok, anakku dua-duanya merokok sejak kecil,alhamdulillah sehat semua.kadang kami meroko bareng sambil nonton TV dan ngopi. bercanda. hanya di skolah aja kami melarang anakku merokok. Trus klo lebaran ngumpul keluaga besar saya perokok semua, asyik lebih akrab kekeluargaanya... dan bijaksanalah.. NIATKAN membantu petani mbako, pedagang kaki 5, buruh pabrik, dan pemerintah...mari bijaksana....

      Delete
  51. Gini az yg merokok ya silahkan
    Yg ga merokok itu sangat baik
    Yg jelas merokok itu pemborosan.

    ReplyDelete
  52. Gini az yg merokok ya silahkan
    Yg ga merokok itu sangat baik
    Yg jelas merokok itu pemborosan.

    ReplyDelete
  53. Begini ya, silakan jika Anda mau merokok tapi di tempat khusus atau menjauh dari orang yang tidak merokok.
    Anda sudah lihat kan di bungkus rokok itu sendiri diberi keterangan bahaya merokok, itu bukti bahwa mereka mengakui hal itu. Dan tolong kalau mau memberi data itu yang ada sumber pasti yang valid. Sumber yang valid itu seperti apa? Jurnal penelitian atau buku yang legal dan bukan terbitan perseorangan tanpa asal usul yang jelas. Karena ini menyangkut kesehatan, Anda bisa mencari sumber yang telah dikeluarkan oleh WHO.
    Ada penyangkalan bahwa yang dibicarakan disini adalah rokok tradisional yang Anda sebut kretek atau semacamnya. Mari kita lihat, rokok yang paling banyak terjual di Indonesia itu rokok apa? Sampoerna, Dji Sam Soe, Gudang Garam, Marlboro, Djarum. Rokok kretek yang Anda maksud itu seperti apa? Rokok tradisional yang merknya tidak banyak diketahui umum? Itu artinya rokok tersebut tidak banyak diminati. Sementara masyarakat luas lebih cenderung merokok produk rokok yang telah saya sebutkan tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda mengatakan bahwa industri rokok membantu petani tembakau? Menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), jumlah petani di Indonesia saat ini kurang lebih ada 500 ribu orang. Dan silakan Anda cek, petani tembakau termasuk petani yang banyak merugi karena sebenarnya industri rokok besar tidak memakai tembakau dari mereka. Tembakau yang digunakan adalah import.
      Anda mengatakan bahwa industri rokok menyumbang pajak negara yang besar? Mungkin Anda mengira bahwa industri rokok adalah milik lokal. Kenyataannya tidak. Industri rokok contohnya Djarum adalah milik Japan Tobacco. Gudang Garam juga dibeli oleh industri jepang. Industri rokok tidak menyumbang cukai yang besar pada negara. Yang menyumbang justru perokok. Tapi bukan berarti Anda membeli rokok 12.000 Anda sudah memberikan 12.000 kepada negara. Yang Anda sumbangkan adalah dari pajak yang tidak seberapa, serta pajak tahunan. Jika Anda merupakan kalangan menengah kebawah, tentunya pajak penghasilan yang Anda sumbangkan nilainya sedikit.
      Anda mengatakan jika industri rokok bangkrut maka akan merugikan banyak pekerja? Anda harus tahu tentang program Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai pada tanggal 31 Desember 2015. MEA membuat persaingan menjadi semakin ketat, yang terjadi saat ini di Gudang Garam misalnya, sudah sangat banyak pekerja yang kena PHK karena mereka tidak memenuhi standard buruh yang ditetapkan oleh program MEA. Alhasil mereka tersingkir dari kualifikasi dan saat ini mereka bekerja dengan menambang pasir secara manual di kali brantas ( Anda bisa cek sendiri kesana ).

      Delete
    2. Jika Anda pintar sedikit, mungkin Anda akan mengatakan tentang CSR yang diberikan oleh industri rokok seperti beasiswa ataupun program reboisasi. Bagi yang belum tau, CSR ( Corporate Social Responsibility ) atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan adalah bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan. Yang perlu saya jelaskan adalah, industri rokok tidak bisa melaksanakan CSR. yang selama ini mereka lakukan adalah CSR washing. Apa itu CSR washing? Anda kenal brainwash? Ini adalah konsep yang mirip. CSR washing adalah melakukan tindakan seperti CSR namun dengan tujuan dan dasar yang bertentangan dengan konsep dasar CSR yang sebenarnya. Anda harus tau bahwa CSR dilakukan dengan berdasarkan pada prinsip tanggungjawab sosial yaitu yaitu akuntabilitas, transparensi, perilaku etis, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan kepada pemangku kepentingan, penghormatan kepada norma perilaku internasional, dan penegakan HAM. Dan tidak ada satupun yang bisa dipenuhi oleh perusahaan rokok. Bagaimana Anda bisa yakin dengan hal ini? Sumber. Jika Anda ingin meyakinkan diri, percayalah kepada orang yang ahli mengenai hal tersebut dan ini merupakan hasil yang dirilis oleh WHO dan pakar CSR ( Palazzo dan Ritcher ).
      Kemudian, silakan Anda cek data tingkat konsumsi orang Indonesia. Rokok menempati urutan kedua setelah beras. Saat itu tahun 2013, dengan tingkat konsumtifitas setinggi itu, masyrakat Indonesia membayar sekitar 390 triliun untuk rokok. Sementara cukai rokok hanya sekitar 103 triliun dan pajaknya 26 triliun. Artinya, dengan menganalisis CSR, itu merupakan kerugian besar. Warga Indonesia menanggung hampir 4 kali lipat dari cukai yang diperoleh. Cukai tersebut adalah Sin Tax, diberikan kepada produk yang dipercaya memberikan dampak buruk. Besaran cukai yang diberikan rokok, ternyata sangat jauh dari kata cukup untuk memperbaiki kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan. Dan Anda perlu menimbang lagi, seperti yang saya katakan. Industri rokok dengan tingkat penjualan besar dimiliki oleh orang asing. Artinya, pendapatan mereka tidak menjadi pemasukan lokal. Andai mereka milik lokal pun, Anda tidak mendapat banyak dari mereka. Tentu saja, sisa dari cukai dan pajak masuk ke pemilik saham secara pribadi.

      Delete
    3. Saya sudah menyebutkan tentang menghormati norma perilaku internasional. Kenapa? Karena Indonesia merupakan bagian dari tatanan politik dan organisasi Internasional. Itu artinya peraturan yang berlaku dalam skala internasional juga berlaku untuk Indonesia. Dan pelarangan iklan rokok sudah legal di tingkat global secara menyeluruh. Namun, industri rokok memang selalu mencari cara agar mereka tetap legal dan menunjukkan citra yang baik. Mungkin, Anda bisa berkata “gua bisa beli rokok ya suka-suka lah” pada kenyataannya Anda menyampaikan argument yang tidak valid. Tidak bebas nilai dan berdasarkan pada kepentingan Anda sendiri karena seperti inilah kenyataannya. Dan untuk Anda yang masih mencoba menyampaikan alasan-alasan tanpa sumber yang jelas, bersenang-senanglah karena Anda tinggal di Indonesia yang merupakan Negara dengan harga penjualan rokok termurah. Di Negara lain, harga rokok berkisar dari 100 ribu hingga 250 ribu sehingga menekan tingkat konsumsi terhadap rokok dan kerugian yang telah saya jelaskan sebelumnya.

      Delete
    4. setuju mas rizky dg harga roko yg mahal di luar negeri, sy senang jika produk rokok Indonesia bisa dijual dg harga mahal di luar negeri. Tapi masalah rokok merusak kesehatan, biarlah rokok itu sendiri yg membuktikan. kalo hanya sebatas pernyataan dari orang meskipun (seolah2) didukung oleh data, penelitian dan sebagainya, itu mah bisa diatur. keliatan kok dari perilaku dan cara penyampaian kamanye anti rokok, "SEPERTI DIPAKSAKAN" ente ingat isu flu burung kemaren? ente inget isu kiamat 2012 kemaren? silahkan semua juga terserah sampean.

      Delete
    5. bener...anti rokok keblinger, ya kaya rizky ini. . .

      Delete
  54. Kakek saya meninggal di usia 103th
    Beliau perokok aktif bahkan dia mas ngkonsumsi rokok hingga 3bungkus.
    Tapi kok gak ada tanda tanda penyakit yg tertera pada bungkus roko ya.... Nenek perokok pasif karna istrinya kakek, dia mrninggal di usia1 112th... Beliau juga gak pernah kenak penyakit yg tertera di bungkus rokok... Tetangga saya gak merokok tutup usia 74th karna jantung koroner.. Anak beliau terkena asma akut... Dan cucu dari anak keduanya kena kangker payu dara, padahal gak ada yg merokok!!!! Pasti di srkitar kita banyak contoh yg seperti saya tulis.... Hayoo....gak usah bohong pada diri sendiri.

    Kadang saya bingung yg bener mana???
    Isu apa realita.... Manusia sekarang aneh... Isu di benarkan dan yg terbukti di samarkan.... Kok gak bisa mikir ya....???

    ReplyDelete
  55. merokok atau tidak itu pilihan anda , sehat atau tidak itu pola hidup anda , nabung atau tidak itu uang anda

    ReplyDelete
  56. Saya PEROKOK, jgn jadi perbincangan apalagi smpe bertengkar gara2 rokok, sing penting saling MENGHARGAI satu sama lain, mau sehat mau penyakit itu pilihan hidup, dan satu lagi sing penting GK MINTA DUIT KE ORG LAIN BUAT BELI ROKOK

    ReplyDelete
  57. Hmmmm...... masih berdebat soal rokok.
    Kalau saja ada solusi mudah untuk berhenti merokok, tentu banyak orang berhenti merokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang, bulatkan tekad buat berhenti merokok, motivasikan utk kesehatan, keluarga, agama atw apapun itu, klo gw selain tekad jg ikut terapi totok stop merokok. Setelah terapi, keinginan merokok msh tetap ada, namun begitu gw hisap, itu rasanya sama kyk asap bakaran kertas biasa, mual n nyagrek di tenggorokan. Fungsi terapi ini mencegah nikotin menstimulus hormon dopamin, dimana hormon ini lah yg bikin perasaan enjoy, fly, nyaman n kecanduan. Intinya rasa rokok dibalikin lg ke saat pertama kali gw ngerokok, dan saat pertama kali gw ngerokok emang rasanya ga enak, nyagrek di tenggorokan, bikin mual n pusing karena emang tubuh menolak racun ini, bukan begitu para ahli hisap?
      Kerasa bgt efek berhenti ngerokok, jd ga gampang ngos2an yg paling kerasa bgt sih.

      Delete
  58. kalo gak suka rokok ya gak usah ngerokok. saya jadi inget gegernya isu kiamat di tahun 2012. waktu itu umat manusia di muka bumi ini hampir sebagian besar terhipnotis oleh isu kiamat tersebut dan mempercayainya. karena isu tersebut dikemas begitu meyakinkan dan (seolah2) didukung oleh pembuktian fakta2 sejarah, ahli2 ilmu astronomi, geologi semua diajak berbicara untuk meyakinkan datangnya kiamat di th 2012 dan sebagainya. eeeehh, ternyata mau mempromosikan film 2012 doomsday, biar filmnya laku. lalu ada apa dibalik gencarnya promosi larangan merokok? kita tidak boleh tertipu lagi, seperti tertipunya isu kiamat 2012 Okey?

    ReplyDelete
  59. Ini yg bikin artikel blm pernah konsultasi ke spesalis paru rupanya. Dan lg kl bkin artikel tlg cantumkan daftar pustaka, biar valid apa yg anda ucapkan.

    ReplyDelete
  60. Bagi yg anti rokok, jaga aja keluarga masing2 agar tidak dekat2 benda haram ini..masa bodoh kawan atw org mau ngerokok sampe mampus jg silahkan, syukur klo langsung mampus, klo sblm mampus sakit2an ya masa bodoh paling keluarganya yg repot n sengsara..udah pada mati nalar org2 perokok ini, mau2nya diperbudak racun..alhamdulilah gw dah lepas dr barang haram ini, nafas jd segar n ga ngos2an lg, jd enak bwt olahraga baik di outdoor maupun indoor (ranjang), hahaha

    ReplyDelete
  61. Komen dikit ahhh.... Apakah Rokok berbahaya? ( bisa Iya, bisa Tidak ), yang menganggap bahaya rokok itu siapa? jawabannya pasti orang" yang tidak merokok (secara dari sugestinya aja rokok adalah racun, maka orang" yang benci rokok akan merasa sakit jika menghirup aroma/ asap rokok). Harusnya bukan kampayeu yang mematikan perokok dan industri rokok, karna ini akan berbenturan dengan yang terbantu dengan rokok, harusnya pemerintah bikin himbawan buat para perokok untuk tidak merokok di sembarang tempat (tempat" publik) karna jika perokok merokok di tempat" Umum akan ada orang" yang anti rokok/ orang" yang alergi rokok akan mudah terserang Kangker, Serangan Jantung, Impotesi dll.... Buat perokok : Jangan mudah terpancing amarah oleh orang" anti rokok, anggap aja orang itu sedang menderita, so diukur dari kesehatan para perokok pasti lebih sehat (merokok aja udah sehat apa lagi kaga merokok)...... Buat para pembenci Rokok harap jangan dekati para perokok, jika perokok mendekati harap ditegur saja dengan sopan bilang saja saya alergi asap rokok, pasti perokok mengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perokok sehat drmn bos? Hemoglobin yg seharusnya mengikat & mengedarkan oksigen ke tiap sel tubuh utk metabolisme lebih condong utk mengikat racun karbonmonooksida dr asap rokok..makanya biasanya perokok terlihat lebih tua akibat terganggunya metabolisme sel2 tubuh

      Delete
  62. buat temen2 perokok share donk_
    enak'a ngerokok itu apa?
    mav buka utk berdebat tapi ini cuma pertanyaan kepo_
    krn klw nanya tmn takut di ketawain_
    mksih yg respon_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada enaknya sama sekali, cm karena kebiasaan lama2 kecanduan..sama kyk orang tinggal d tmpt sampah, pertama2 ga suka ama bau sampah, lama2 terpaksa/dipaksakan akhirnya terbiasa jg, malah mungkin ga bisa tidur klo ga nyium bau sampah, terus akhirnya ngeyel klo dibilangin mulut n badannya bau sampah

      Delete
    2. Gini aja yg mau merokok silahkan merokok dan yg tdk merokok jgn larang orang merokok. Ok

      Delete
  63. bagi Perokok = Hormatilah orang yang TIDAK MEROKOK!
    bagi Non Perokok = Hormatilah orang yang MEROKOK!

    Hidup itu Tugas mu dan Mati itu urusan Tuhan mu.
    kenapa tidak mencari & mulai belajar melakukan apa yg memang menjadi tugas kita?

    ReplyDelete
  64. saya (perokok) pernah cek kesehatan ke Dokter, katanya jantung saya lebih sehat dari pada teman saya yang tidak pernah merokok. ???? hahaha Gile Lu Dok!!!!

    ReplyDelete
  65. Hadeh..... aja lah.. lelah mebaca komen ny.. kita mau bobo dulu tante.............

    ReplyDelete
  66. Hadeh..... aja lah.. lelah mebaca komen ny.. kita mau bobo dulu tante.............

    ReplyDelete
  67. YANG PASTI DAN YG UDH SAYA TAHU MASALAH Rokok 1. Org yg merokok Napas nYa pendek tapi Usia nya panjang. 2.org yg TIDAK MEROKOK napas Panjang tapi umur nya Pendek. Nah... sekarang pilih yg mana? Rokok adalah pilihan saya.

    ReplyDelete
  68. Hush...ngga usah ribut soal rokok...
    Bagi perokok....silahkan d lanjut ngerokoknya.....bagi yg bukan perokok silahkan di coba biar tahu nikmatnya merokok......gitu aja repot......

    ReplyDelete
  69. ini loh ada artikel serupa setahun sebelum dimuat di blog ini. tapidisitu tertulis jelas sumbernya. dan siapa penelitinya.

    http://moxeb.blogspot.co.id/2011/11/di-balik-kampanye-anti-rokok.html

    ReplyDelete
  70. Bagi saya merokok salah satu cara kita melihat kekuasaan Allah SWT karena dgn merokok kita bisa melihat nafas kita keluar masuk yg tidak bisa dilihat dgn mata telanjang,ttpi dgn merokok kita bisa melihatnya.

    ReplyDelete
  71. Merokok. atau menghisap gas buang pembakaran atau hidup dilingkungan polutan itu hak anda .... Tidak merokok, tidak tinggal di lingkungan polutan itu hak anda juga .... Pertanyaan saya dimanakah anda letakkan kewajiban anda untuk membantu kawan saudara dan kerabat dekat anda untuk membuat bumi ini lebih sehat dengan tidak membuat polusi bagi bumi?

    ReplyDelete
  72. Ijin kawan kawan indonesia nntuk menyatakan pendapat, setiap individu memiliki pendapat dan pemahaman berdasarkan latar belakang pendidikannya, kita masing masing memiliki Dunia Pergaulan, Silakan Yang tidak merokok Untuk Menjaga keturunanya mulai dari mencari pasangan hingga mencari latar belakang keluarga calon pasangan anda mereka benar benar "7 keturunan" Bukan keluarga Perokok, Yakinlah anda akan bahagia, adapun yang merokok silaka cari pasangan yang benar benar menerima anda sebagai perokok, saya yakin jika Dua dunia ini tidak dilanggar maka akan terjadi harmonisasi kehidupan bertetangga dan berkeluarga,

    BY UDIN,. Banjarmasin Bandung Medan papua

    ReplyDelete
  73. Rokok aja kok di ributin, yg merokok lanjutkan, yg nggak merokok nggak usah urusin orang punya urusan intinya urus diri masing-masing gitu aja kok repot. Saya cuman mo kasih pandangan real, pernah nggak kalian lihat atau dengar orang meninggal sambil ngerokok? Tapi pasti kalian pernah lihat atau dengar orang meninggal sementara lakuin olahraga hehehe hehehe yo kalian aja yg nilai.

    ReplyDelete
  74. yang ngerokok akan terkena penyakit Paru - paru, yang tidak ngerokok akan terkena penyakit Rupa - rupa (komplikasi)

    ReplyDelete
  75. wkwkwkkw... lucu2 komentarnya ya
    gara2 rokok, bisa ada banyak cerita yang bikin ngakak.. ngakak dapat membantu menyehatkan raga dan pikiran..

    Dengan tidak mengurangi rasa hormat bagi yang non perokok, tapi tidak termasuk oknum propaganda anti rokok.. :)
    perokok itu ada beberapa jenisnya juga :
    perokok normal, adalah mereka yang merokok karena kemauan mereka sendiri setelah menyadari dng seksama apa untung ruginya bagi mereka, mereka membeli rokok dengan uangnya sendiri, tidak pernah reseh karena merokok, dan biasanya menghargai tempat2 yang ada larangan merokoknya. dan umumnya para perokok normal ini biasanya menikmati kehidupannya...
    jadi gak ada alasan untuk membenci bahkan menghujat perokok normal ini.

    nah yang perlu dikritik dan dinasehati adalah perokok jenis berikut:
    a)Perokok pura2
    biasanya dia merokok karena menyesuaikan dengan situasi atau sebagai alasan untuk suatu hal.. ada yang merokok di depan teman2 nya supaya dia kelihatan cowo dan gaul atau luwes atau supaya dianggap sudah anak dewasa... krn rokok emang diperuntukkan utk anak dewasa..
    jelas type perokok ini harus dinasehati, karena dia cuma berpura pura dan bersandiwara dan berpotensi merusak persaudaraan.. :)

    b)Perokok diam2/pasif
    inilah perokok yang paling berbahaya dan bisa2 bakal kena bogem mentah..!!
    mengapa demikian?
    karena perokok pasif ini umumnya tidak mau mengeluarkan uangnya untuk beli rokok apabila merokok bareng dengan teman2nya.. pokoknya dia pasif dah soal mengeluarkan biaya beli rokok bersama..!!
    yang lebih berbahaya lagi perokok diam2 ini.. dia dengan diam2 selalu mengambil rokok kepunyaan temannya dan menikmatinya tanpa pernah menawarkan rokoknya kepada teman2 perokoknya..
    yang tipe gini tentu bikin jengkel dan kesel teman2 nya dan bila sudah kelewat batas bisa kena bogem dia itu.!!! he..he..

    jadi bagi teman perokok.. marilah kita tetap mempertahankan status kita seagai perokok normal.. pasti enak dah..
    dan bagi bukan perokok, jangan segan2 menasehati atau membentak sekalian para perokok yang minta duit kepadamu untuk beli rokok buat mereka... :)
    tapi sepanjang mereka adalah perokok normal.. adakah alasan yang masuk akal bagimu untuk membenci mereka??

    Bagi yang menghujat perokok normal dengan dalih agama.. silahkan introspeksi dulu dan pertanyakan dulu perihal ke imanan mu...

    #peace bro n sis :)

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Olga syahputra ga ngrokok meninggal muda lhooo..

    ReplyDelete
  78. gw benci bgt sm rokok, sampe gw pengen bakar pabrik nya tp takut kriminal, jd bakar 1 per 1 aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dengan kretek ck mau bukti tonton ya www.youtube.com/cigarskruiemedia .... ada yang minat sms ke 087701498798 /wa 082337324858

      Delete
  79. gw benci bgt sm rokok, sampe gw pengen bakar pabrik nya tp takut kriminal, jd bakar 1 per 1 aja deh

    ReplyDelete
  80. Ngerokok sambil baca koment yang ada.. hahahahha

    ReplyDelete
  81. Ngerokok sambil baca koment yang ada.. hahahahha

    ReplyDelete
  82. Buat yang merokok hargai orang yang gak merokok. Buat yang gak merokok hargai orang yang merokok.

    ReplyDelete
  83. Buat yang merokok hargai orang yang gak merokok. Buat yang gak merokok hargai orang yang merokok.

    ReplyDelete
  84. Cukup menghibur......!!! :)

    ReplyDelete
  85. بِسْÙ…ِ اللّÙ‡ِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ
    لا حول ولا قوة الا با الله
    saudara/i Rona Zaman. saya tidak mencari perdebatan, tapi mari sama2 menuju ke jalan kebenaran. karena apa yang saudara/i tulis itu berupa pengajaran terhadap masyarakat & melakukan pembenaran terhadap hal yang salah.

    tapi saya akan menjawab tantangan anda untuk menulis artikel dengan keilmuan yang hakiki dan proses pengambilan keputusan yang sesuai dengan kaidah keilmuan. lebih lanjut, karena saya tau apa yang saya tulis kelak akan dipertanggungjawabkan ke hadirat Allah SWT.
    saya cuma mengabari, bahwa hati-hati lho mas, ada dosa berjamaah dalam tolong menolong dalam hal yang buruk. semoga kita semua dijauhkan dari hal tersebut.
    اِ Ù†ْ Ø´َØ¢ Ø¡َ اللّÙ‡ُ
    jika artikel tersebut rampung, akan saya hadirkan tautannya disini juga.

    آمِÙŠْÙ†ُ ÙŠَا رَبِّ الْعَالَÙ…ِينََ

    ReplyDelete
  86. Apapun hasil yang dikatakan tentang rokok....saya akan tetap merokok sampai akhir hayat...

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Klo emg rokok baik knp bnyak larangan di tempat umum dn jg hrusnya jgn ad larangan dong buat anak sekolah dan wanita hamil untuk merokok.. Semua diharuskan merokok dr bayi smp tua

    ReplyDelete