Pages

Thursday 8 November 2012

Ingin dapat Jodoh?.. Memohonlah di Bukit Jabbal Rahmah


Mataharinews.com- Saat melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah, tidak sempurna rasanya apabila tidak mengunjungi sebuah tempat yang bernama Jabal Rahmah atau bukit kasih sayang. Jabal Rahmah adalah gunung kecil di 'Arafah, tempat pertemuan Nabi Adam dan isterinya Hawa, setelah keduanya turun ke dunia dan terpisah dalam waktu begitu lama.

Gunung ini menjadi saksi pertemuan itu. Di tempat ini juga Malaikat Jibril memperkenalkan kepada Nabi Ibrahim rangkaian manasik atau napak tilas ibadah haji; sekitar masy'aril haram, karena itu Jabal Rahmah dinamakan juga dengan Jabal 'Ilal.

Wilayah ini adalah tempat berkumpulnya seluruh umat muslim di dunia dan dipadati oleh jamaah haji selama musim haji. Di sini para jamaah berdoa untuk memohon diberikan jodoh bagi yang belum menikah atau dilanggengkan pernikahannya bagi pasangan yang sudah menikah.
Banyak diantaranya pula yang menuliskan nama mereka baik dirinya sendiri, anaknya, saudara, tetangga atau kerabat lainnya agar jodoh mereka dilanggengkan. Untuk menaiki puncak jabal rahmah, para jamaah harus menaiki tangga melingkar yang cukup panjang.

Di puncaknya kita akan menemukan sebuah tugu yang berbentuk kerucut dengan cat warna hitam di bagian bawah dan warna putih di bagian atasnya yang biasa dipegang dan dicium oleh para jamaah.Di tugu tersebut banyak jamaah yang menuliskan nama mereka dan pasangannya.
Akibatnya di keseluruhan tugu tersebut dipenuhi dengan coretan-coretan spidol dan menjadikannya nampak kumuh. Bagi anda yang sudah berangkat haji, tentu tidak melupakan moment anda menaiki jabal rahmah dan bagi mereka yang belum mengunjunginya tentu akan membuat mereka bersemangat untuk mengunjung bukit tesebut.

Tempat ini adalah tempat favorit bagi para jamaah haji di seluruh dunia. Disamping pemandangan yang indah juga mereka percaya doa yang mereka panjatkan akan dikabulkan oleh Allah di tempat yang suci tersebut.(la/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment