Pages

Sunday 30 September 2012

Pernikahan kerajaan mengundang perhatian media asing



Tontonan grand pernikahan kerajaan megah antara Her Royal Highness Princess Hajah Hafizah Sururul Bolkiah dan YAM Pengiran Anak Haji Muhammad bin Pengiran Ruzaini Dr Haji Mohd Yakub menerima perhatian media internasional sebagai anggota pers asing berkumpul untuk menyaksikan hari bersejarah bagi keluarga kerajaan di Balai Singgahsana Indera Buana megah, Istana Nurul Iman kemarin.
Di antara awak media internasional yang meliputi upacara 'Istiadat Diraja Bersanding Pengantin' adalah kawat layanan termasuk Reuters AFP, AP dan dpa serta majalah regional, lembaga kabar didirikan termasuk Mail Inggris Harian, The Straits Times dan Channel News Asia.
Diperkirakan bahwa sekitar 6.000 tamu diundang untuk duduk-in-upacara kenegaraan-, sementara ribuan lainnya menonton dari rumah melalui siaran televisi langsung di Radio Televisyen Brunei (RTB) Saluran RTB 1 dan RTB 4. Tontonan mempesona bahkan siaran ke Singapura melalui Channel News Asia, termasuk seluruh dunia melalui CNN dan BBC.
Pasangan kerajaan mengenakan kain tenunan sepenuhnya Brunei atau brokat. Pakaian pasangan kerajaan itu dihiasi dengan ornamen dan seragam bertatahkan dengan bordir halus dan kristal yang berkilauan meningkatkan keindahan pasangan kerajaan.
Asmah Asiman dari Bernama, Malaysia mengatakan Bulletin bahwa upacara itu "indah dan penuh dengan adat dan tradisi Brunei". Dia menambahkan bahwa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini adalah "seperti sebuah kehormatan".
Sementara itu, Ahmad juga dari Noorfarhanah Bernama mengatakan, "Ini bagus untuk melihat Brunei kerajaan pabean. Ini adalah kesempatan langka dan unik bagi saya, sebagai orang asing, untuk mengalami seperti upacara berkilauan. "
Perayaan selama seminggu akan berakhir pada Selasa (Sept 25) dengan ucapan syukur dan doa penutupan 'Gendang Jaga-Jaga' di baik di kediaman pengantin di Istana Nurul Iman dan pengantin pria di Jalan Permaisuara, Kampong Beribi.
Selain pre-wedding upacara rumit sepanjang minggu, vigils malam dan acara keagamaan juga diadakan di Istana Nurul Iman dan di Kg Beribi.
Penampilan panggung malam juga ditahan di Waterfront BSB dan di depan Gedung Royal Regalia ibukota. Ada juga kios-kios jalan di sekitar Taman Haji Sir Muda Omar Ali Saifuddien.
Courtesy of Borneo Bulletin - September 24, 2012


 http://royalwedding.information.gov.bn/

No comments:

Post a Comment