Pages

Sunday 30 September 2012

China Umumkan Rencana untuk Partai Kongres dan Penuntutan Bo Xilai

Feng Li / Getty Images
Bo Xilai, Chongqing kota China sekretaris Partai Komunis, menghadiri rapat pleno ketiga Kongres Nasional Rakyat di Beijing dalam file foto sejak 9 Maret 2012. Bo akan dikeluarkan dari Partai Komunis dan akan menghadapi penuntutan, media pemerintah melaporkan pada 28 September 2012
 
Bo Xilai, pejabat China ambisius yang naik itu terjungkal oleh pembunuhan istrinya dari seorang pengusaha Inggris, telah ditendang keluar dari Partai Komunis dan akan menghadapi tuntutan kriminal pada jumlah ganda, kantor berita resmi Xinhua, Jumat. Corong pemerintah juga mengatakan Komunis ke-18 Partai Kongres, yang akan memulai transisi sekali-in-a-dekade kepemimpinan top China, dijadwalkan akan dimulai 8 November. Pengumuman kembar, baik perkembangan yang signifikan dalam cerita-cerita yang telah mengguncang China untuk sebagian besar tahun lalu, datang hanya sebagai negara sedang mempersiapkan untuk liburan panjang untuk menandai nya 1 Oktober Hari Nasional, yang kemungkinan akan membatasi diskusi domestik peristiwa.
Bo, yang dicopot dari jabatannya sebagai bos partai kota Chongqing pada bulan Maret, berdiri dituduh menyalahgunakan kekuasaan dalam kaitannya dengan kasus pembunuhan istrinya, menerima suap besar-besaran dan "memiliki dan memelihara hubungan yang tidak benar" dengan beberapa wanita. "Perilaku Bo Xilai yang disebabkan konsekuensi serius, yang sangat merusak reputasi Partai dan negara, dan memiliki dampak yang sangat buruk di rumah dan di luar negeri dan menyebabkan kerusakan yang signifikan pada penyebab Partai dan rakyat," kata Xinhua.
Pengumuman itu dikeluarkan hanya beberapa hari setelah mantan Wakil Bo Wang Lijun dihukum penyalahgunaan kekuasaan, pengambilan menyuap, pembelotan dan "menekuk hukum untuk tujuan egois" dan dijatuhi hukuman penjara 15 tahun. Wang, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala polisi Chongqing di bawah Bo, perjalanan pada bulan Februari ke konsulat AS di kota terdekat Chengdu, di mana ia menghabiskan hari di bawah perlindungan diplomat AS. Sementara AS belum mengungkapkan rincian penuh tinggal Wang, itu percaya bahwa ia mengungkapkan rincian dari pembunuhan pengusaha Neil Heywood oleh Bo istri Gu Kailai. Gu dinyatakan bersalah pada Agustus Heywood keracunan di sebuah hotel di Chongqing setelah sesi minum panjang November lalu. Gu mengatakan kepada penyidik ​​ia membunuh Heywood, yang telah memiliki hubungan panjang dengan keluarga Bo, karena khawatir bahwa ia menjadi ancaman bagi anak dewasa pasangan itu Bo Guagua karena dari kesepakatan estate gagal pengembangan real.
Kejatuhan Bo telah menambahkan tak terduga dan pada tikungan kali mengerikan untuk transisi politik tahun ini, di mana Presiden Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao akan mulai melepaskan peran kepemimpinan mereka kepada penerus mereka diharapkan, Xi Jinping dan Li Keqiang. Transisi melibatkan luas di belakang layar negosiasi sebagai elite Partai Komunis China mencoba untuk memilih kombinasi pemimpin yang akan menenangkan semua faksi politik yang signifikan. Di depan umum proses ini dengan hati-hati scripted, tapi tahun ini telah melihat drama tak terduga, dari penerbangan Wang ke pengadilan pembunuhan Gu untuk hilangnya dua minggu pada awal September dari Xi, penerus presiden diduga. Ketidakhadirannya dari semua acara publik kemudian dijelaskan oleh Tung Chee-hwa, mantan kepala eksekutif Hong Kong, sebagai hasil dari cedera punggung.
Bo, 63, telah diselidiki oleh badan Partai Komunis disiplin selama beberapa bulan. Dia dituduh melanggar peraturan partai tidak hanya selama 4 1/2 tahun di Chongqing, tetapi juga selama menjalankan tugas sebelumnya sebagai Menteri Perdagangan, gubernur provinsi Liaoning dan walikota kota pelabuhan Dalian, periode yang mencakup 20 tahun. Sementara di Chongqing, Bo dan mantan wakilnya Wang meluncurkan tindakan keras terhadap kejahatan terorganisir yang diperoleh dia perhatian luas bahkan sebagai terdakwa penyidik ​​disiksa dan melanggar hak-hak dasar terdakwa. Upaya tersebut telah membantu membuat Bo calon potensial untuk seleksi ke Politbiro Standing Committee, badan pengatur top China, yang akan dikonfigurasi ulang di kongres partai mendatang. Tapi dia sekarang menghadapi prospek jangka panjang penjara sebagai gantinya. Xinhua mengatakan Bo diusir dari Partai Komunis, yang berarti ia akan menghadapi persidangan kriminal daripada kemungkinan disiplin partai lunak. Keyakinannya hampir dijamin, seperti putusan dalam kasus seperti profil tinggi politik akan diperintahkan oleh pemimpin partai.
Beberapa analis politik telah berspekulasi bahwa China tidak ingin mengadakan sidang Bo terlalu dekat dengan kongres partai, karena akan memberikan tampilan penuntutan bermotif politik dan menyoroti masalah merajalela dengan korupsi dalam sistem politik China. "Bo Xilai gagal dalam pengawasan nya Wang Lijun, sehingga yang gagal untuk mengawasi Bo?" Aktivis pengacara Liu Xiaoyuan tweeted setelah keputusan untuk menuntut Bo diumumkan.
Dengan mengumumkan penuntutan yang akan datang Bo di hampir napas yang sama dengan tanggal pertemuan partai - keduanya terungkap pada 6 waktu Beijing pm pada pakan resmi Twitter Xinhua - kepemimpinan tampaknya bertekad untuk menggunakan kasus Bo untuk memperkuat partai yang berkuasa ketimbang melemahkannya. "Komite Sentral Partai Komunis menekankan bahwa penyelidikan dan penanganan masalah serius Bo Xilai yang disiplin lebih mencerminkan kebutuhan mendasar dari pengetatan disiplin partai dan penegakan hukum, indikasi lebih lanjut dari posisi jelas dan penentuan perusahaan dari partai kami melawan korupsi, "kata Xinhua.
 
 
 

No comments:

Post a Comment