Pages

Saturday 26 November 2011

Yummy! Serunya Festival Rendang di Padang


Indonesia, Sumatera Barat, Padang -
Oleh: Yonda Sisko - detiktravel

Untuk menyambut pengakuan dunia terhadap kelezatan rendang, digelar Festival Rendang 2011 di Padang. Festival berlangsung seru karena ada 33 kelompok beradu keahlian mengolah rendang.

Fesival Rendang Padang 2011 diselenggarakan di Taman Budaya, Padang, Kamis (24/11/2011). Totalnya, ada 105 kg daging sapi direndang dalam kegiatan tersebut. 33 Kelompok masak perwakilan dari kota dan kabupaten di Sumatera Barat dan siswa sekolah menengah mencoba menjadi yang terbaik dalam memasak rendang.

Ketua UPTD Taman Budaya Sumbar, Efiarti, mengatakan panitia memberikan biaya Rp 1,5 juta untuk setiap peserta dari kabupaten kota untuk merendang masing-masing 5 kg daging. Sementara, untuk peserta dari tingkat sekolah, disediakan biaya Rp 250 ribu untuk mengolah 1 kg daging menjadi rendang.

"Dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar, hanya Kabupaten Mentawai yang tidak mengirimkan untusan dalam kegiatan ini. Lima terbaik hasil penilaian juri akan diberi penghargaan dan berhak atas hadiah yang disediakan panitia," kata Efiarti.

Acara Festival Rendang 2011 bertujuan untuk mempromosikan kuliner asli Minangkabau tersebut. Festival dikunjungi oleh ratusan orang yang menyaksikan secara langsung proses pembuatan rendang secara tradisional tersebut.

Selain warga setempat, Bruce (51) warga Colorado, AS juga menyempatkan datang ke arena festival bersama anaknya. Bruce rupanya adalah seorang penggemar rendang.

"Saya mengenal rendang ketika datang ke Padang tahun 1989 lalu. Kami datang ke Padang untuk mengunjungi kampung kelahiran Jorge yang lahir di Padang dan kembali ke Amerika saat berumur 5 tahun," katanya.
(gst/gst)

www.detik.com

No comments:

Post a Comment