Pages

Saturday 20 May 2017

60 Rumah di Aceh Sudah Dialiri Listrik dari Pohon Kedondong

Sumber energi listrik terbarukan tidak harus selalu dari angin, air, atau matahari. Di Aceh, sudah ada rumah yang mengandalkan listrik dari pohon kedondong. Adalah Naufal Rizki, pelajar kelas 3 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh yang menemukan potensi listrik dari pohon yang buahnya sering dikonsumsi dalam kemasan rujak.
Bermula dari tugas sekolah, Naufal mencoba bereksperimen dengan beberapa buah yang dapat menghantarkan listrik. Dengan bantuan sang ayah yang kebetulan bekerja di elektronik, akhirnya ia berhasil menemukan sumber listrik alami dari pohon kedondong di depan rumahnya.
Temuan Naufal tahun lalu tersebut telah sampai beritanya ke pemerintah pusat. Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un mengatakan PT Pertamina telah membantu Naufal meningkatkan pemakaian dan pemanfaatan sumber energi dari pohon kedondong tersebut. Naufal sendiri diundang dalam acara Pertamina Science Fun Fair 2016 untuk mengenalkan temuannya.
Saat ini sedikitnya ada 60 rumah di Aceh telah memiliki lampu dimana listriknya berasal dari pohon kedondong. Menurut Naufal satu rumah dapat dialiri listrik melalui 10 pohon kedondong pagar.
Temuan Naufal terbilang cukup mencengangkan, pasalnya ia menemukan ini saat berusia 10 tahun. Ditambah lagi ia melakukan lebih dari 60 percobaan yang menelan biaya sekitar Rp 14 juta.
Sejumlah pihak berharap listrik dari pohon kedondong ini dapat terus dikembangkan, terutama untuk menolong daerah-daerah terpencil yang belum dialiri listrik seperti desa dimana Naufal tinggal sekarang.
https://www.sefsed.com/60-rumah-di-aceh-sudah-dialiri-listrik-dari-pohon-kedondong/




No comments:

Post a Comment